Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, July 10, 2016

Tak Capai Target Nilai, Murid di SMAN I Lariang Disanksi Perabot Dapur?

Baca Juga


SMA Neg 1 Lariang
Mamuju Utara - Lain lubuk lain ikannya. Lain sekolah, lain aturannya, di SMA Negeri I Lariang yang terletak di Desa Batumetoru, Kecamatan Lariang  Kabapaten Mamuju Utara (Matra),Sulawesi Barat (Sulbar) juga punya aturan sendiri. Di Sekolah ini Para murid akan diberi sanksi dengan perabot dapur jika dalam pelaksanaan semester si murid tidak mencapai target nilai 70 keatas.

Seperti dalam pelaksanaan semester II tahun ajaran ini, puluhan murid yang memiliki nilai dibawa standar 70 di sekolah tersebut dikenakan sanksi dengan wajib membawa perabot dapur hingga pada  pot bunga.

Menurut para orang tua murid, sanksi ini tidak memberi nilai positif yang mampu mendorong minat belajar anak. Justru diduga sebagai modus melengkapi kekurangan parabot rumah tangga para tenaga pelajar di sekolah itu. 

“Kalau pelajaran tidak tuntas, para murid akan didenda dengan membawa perabot dapur, salah satunya anak saya. Sebenarnya sanksi ini memberi nilai positif yang bisa membangkitkan semangat para pelajar, justru kami menduga ini cara untuk memenuhi kebutuhan para guru di sekolah itu,” ungkap Sittinur orang tua murid Kamis (7/6). 

Hal ini juga diakui orang tua murid, Nur Jannah, menurutnya, sanksi atau denda tersebut kata dia akan membuat para siswa malas mengulang kekurangan nilainya sebab hanya akan berharap pada sanksi yang diterapkan tersebut. Diharapkan pihak sekolah bisa memberi sanksi lain, misalnya melakukan pengulangan mata pelajaran.

“ Kita minta pihak sekolah tidak usa menerapkan sanksi ini lagi, soalnya juga tidak memberi efek positif, sebaiknya diberi pengulangan mata pelajaran saja. Apalagi perabot itu tidak diketahui juga apa tujuannya dan untuk apa, karna tidak mungkin mau disimpan semua di sekolah,” pungkasnya.

(Ardi.J)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.