Cari di Blog Ini

Followers

Saturday, January 28, 2017

Jaya Abadi, Kelompok Ternak Intensif di Matra

Baca Juga



Peternakan Jaya Abadi
Peternakan Jaya Abadi
Matra – Jaya Abadi, salah satu kelompok peternak  sapi yangg terbilang sukses di Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar). Kelompok ini  berdomisili di  Desa Pedanda Kecamatan Pedongga dikelola oleh orang-orang  inovatif  dan kreatif, serta ramah lingkungan.

Motivator  kelompok peternak, Gusno yang ditemui, Sabtu (28/01/2017) di tempat  kerjanya katakan rasa bersyukur karena apa yang telah dirintisnya telah membuahkan hasil.

“Alhamdulillah  kelompok  ternak Jaya abadi selalu memdapatkan kepercayaan dari pemerintah. Inilah yang menjadi  modal  besar untuk selalu berbuat  yang terbaik dalam hal pengembangan ternak  sapi dan kambing,” katanya.

Selain itu menurut  Gusno, pihaknya senantiasa  perhatikan soal-soal lingkungan. Ia dan kelompoknya kedepankan pengelolaan yang ramah pada alam sekitar.  Kotoran ternak tersebut   dikelola dengan baik. Limbah buangan ternak  tersebut dijadikan pupuk kompos untuk melayani permintaan pupuk kandang dari  luar  Desa Pedanda. Pembuatan kandang  sapi dan kambing juga  dibuat sedemikian apik untuk memudahkan pengelolaan kotorannya.

Diuraikan lebih lanjut oleh Gusni, kelompok  ternak ini selalu mendapatkan pada tahun 2016 lalu dapat  bantuan 27 ekor sapi bali dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Propinsi  Sulbar dan bantuan mesin pencacah pelepah sawit dari APBD Kabupaten Matra.

Karena prestasinya  tersebut, Jaya Abdi  menjadi  andalan di Matra. Selalu dijadikan  sampel oleh dinas terkait untuk penelitian dan sebagainya. Terkhusus pada  pengembangbiakan dengan sistem  inseminasi buatan. Bahkan beberapa  Perguruan Tinggi  telah melakukan penelitian di tempat peternakan ini.
(Kontribusi Agus Riyadi, LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.