Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, November 16, 2017

Ombudsman RI Sulbar Road Show Masuk Desa Bawa Pakkacaping

Baca Juga

Road show Ombudsman RI Sulbar bersama Pakkacapng
Road show Ombudsman RI Sulbar bersama Pakkacapng

Mamuju – Kesenian  tradisional  Pakkacaping, salah satu kesenian di Tanah Mandar  yang  nyaris punah terguras zaman. Atas  kondisi fenomena kebudayaan ini,  Ombudsman RI Sulbar,  sebagai salah satu Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik di daerah ini,  ambil bagian untuk  bergerak dan berbuat sebagai bentuk kepedulian terhadap kearifan lokal di tanah ini.

Melalui  media kesenian pakkacaping,  Ombudsman RI Sulbar laksanakan sosialisasi peran dan fungsi Ombudsman Republik Indonesia yang dikemas dengan konsep budaya kesenian tradisional yang digelar selama tiga hari di sejumlah pelosok desa pada dua Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat,  yaitu Polewali Mandar dan Kabupaten Majene, (15/11/17).

Menurut Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar Lukman Umar, kegiatan ini adalah program tahunan untuk memberikan pemahaman kepada publik tentang peran fungsi Ombudsman serta hak masyarakat dalam pelayanan publik. Sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima yang  bersih dan melayani serta menanamkan budaya Anti Maladministrasi dan Anti Korupsi.

“Melalui media pakkacaping ini, kita berharap bisa menggugah perhatian semua pihak,  bahwa budaya yang baik itu harus  tetap dipertahankan dan dilestarikan, sebagaimana perilaku anti maladministrasi harus di budayakan untuk mengikis tindakan diskriminasi pelayanan dan budaya korupsi. Sebab setiap tindakan korupsi pasti di awali dengan tindakan maladministrasi,” papar Lukman Umar

Puncak kegiatan pekan sosialisasi Ombudsman Republik  Idonesia  akan dilaksanakan di  Kabupaten Majene,  dipusatkan di  Gedung Assamalebuang dengan berbagai penampilan kesenian budaya lokal, seperti , tari, musik tradisional, puisi,  orasi  literasi dan lapak buku.

Kegiatan road show  ini  mendapat  sambutan  hangat  warga,  bahkan apresiasi positif  Camat Limboro dan Camat Balanipa  serta  sejumlah Kepala Desa. Itu terlihat dari kehadiran mereka dalam  road show ke desa-desa. Sejumlah  Kepala Desa  usulkan,  Ombudsman laksanakan program pelatihan untuk  mencegah Maladministrasi dan Diskriminasi pengelolaan pelayanan publik ditingkat Desa.

(Humas Ombudsman RI Sulbar/LS) 

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.