Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, September 4, 2016

Dengan Rp 57. 412.00, Bumbun Batu Bangun Sarana Fisik Kantor Desa Yang Refresentatif?

Baca Juga



Pua La'bi (topi) di Kantor Desa yang sedang dibangun
Pua La'bi (topi) di Kantor Desa yang sedang dibangun
Mamasa -  Desa Bumbun Batu, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi  Barat (Sulbar), untuk  tahun 2016 ini mendapatkan  laju neraca pendapatan yang  meroket, sebagaimana desa-desa lainnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. Itu karena kombinasi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DDes)  akumulasinya  mencapai  Rp 751. 253. 780.

Anggaran yang  fantastik dan belum pernah terjadi sejak adanya Desa Bumbun Batu,  membuat  Kepala Desa (Kades)-nya, Pua La’bi,  ceriah dan kreatif membangun desa. Karena itu ia akan memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya demi kemajuan kesejahteraan rakyat.

“Dalam mengelola dana-dana ini, kami terapkan perinsip keterbukaan dengan musyarah dengan BPD (Badan Permusyaratan Desa, red), para Kadus (Kepala Dusun, red)  serta tokoh-tokoh  masyarakat  serta pendamping . Jadi semua  komponen terlibat  dalam  menyusun program untuk pemanfaatan dana ini,”  paparnya, Sabtu (03/09/2016).

Menurut  Kades, Pua La’bi  pula,  dalam mengelola ADD dan DDes, Desa Bumbun Batu,  itu terinci dalam  empat  item belanja. Itu tertuang dalam Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan,  Rp  237. 451. 780 (31,64%). Untuk  Bidang Pembangunan, Rp  460. 212. 000 (61,3%).  Bidang Pemberdayaan Masyarakat,  Rp 47.590.000 ( 6%).  Sementara untuk biaya tak terduga, Rp 6.000.000 (0,8%).

Untuk bidang pembangunan, menurut  Pua La’bi, itu merupakan  sektor prioritas karena menyarap lebih dari separuh dari total anggaran yang tersedia.  Meliputi pembangunan jalan desa, sarana fisik kantor desa,  Mandi Cuci Kakus (MCK),  gapura batas desa, pemeliharaan sarana dan prasarana masyarakat  serta pengembangan ekonomi produktif.

“Dalam  sektor fisik memang kita  kedepankan, karena itu ke depannya akan mendukung  peningkatan  ekonomi  masyarakat,” sela Pua La’bi.

Kades Bumbun Batu ini juga yakin, kalau program-program yang telah disusun dan dilaksanakan tersebut, masyarakat akan merasakan manfaatnya. Ia juga bisa prediksi  adanya peningkatan ekonomi masyarakat  yang  signifikan.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.