Cari di Blog Ini

Followers

Saturday, February 18, 2017

Soliditas Makassar Perantauan di Matra Beri Andil Bagi Kemenangan ABM-Enny

Baca Juga



Adam Kawilarang
Adam Kawilarang
Matra – Berdasarkan pantau  real count  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Barat (Sulbar) tahun 2017 dari situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) di url https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t1/sulawesi_barat. Pasangan Calon (Paslon)  Gubernur/Wakil Gubernur nomor urut  3, Drs. H. Ali Baal, M.Si dan Hj. Enny Anggraeny Anwar (AMB-Eny)  hampir  pasti  menjadi pemenang perolehan  suara  terbanyak  dengan  prosentase 38.76%, jumlah suara 244.308. Menyusul  Paslon nomor 1,   Dr. H. Suhardi Duka MM, dan H Kalma Katta, S.Sos, MM,  37.99% dengan jumlah suara 239.443  dan Paslon 2 Mayjen TNI (Purn) Salim S. Mengga dan H. Hasanuddin Mashud, S.Hut , 23.25% dengan 146.535  suara. Posisi  tabulasi  99,67%.

Salah satu daerah lumbung suara Paslon nomor 3 adalah Kabupaten Mamuju Utara (Matra). Pada daerah paling utara Sulbar ini, pasangan ABM-Eny mendapatkan kemenangan mutlak dengan prosentase yang sangat  signifikan. Karena sokongan suara dari Matra  member kontribusi kuat  bagi lumbung utama suara  Paslon ini di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), dimana calon gubernur Ali Baal Masdar berasal dan pernah memimpin daerah kaya beras ini selama 10 tahun.

Salah satu tim pemenangan paslon ABM-Eny di Matra, Adam Kawilarang yang diajak bincang via personal faceboo (PF), Jumat (17/02/2017) katakan, ada banyak  faktor  pendukung kemenangan Paslon  ini unggul  Bumi Vova Sanggayu. Pertama adalah menyatuhnya dua seteru Pilkada Matra tahun 2015 lalu antara  “Handal” dan “Amar.” Kedua, sosok Ketua PDIP Sulbar, Ir H. Agus Ambo Djiwa, MP yang juga adalah bupati, dimana PDIP adalah salah satu Partai Politik (Parpol) utama pendukung ABM-Eny.  Ketiga adalah dukungan suara perantauan Makassar yang ada di Matra terhadap Paslon ini.

“Bahkan diluar dugaan,orang  Makassar di  Sulbar bersatu betul, misalnya di Baras, Tommo, Tobada, Puncak  Mamuju, Leppe, Majene, Polman. Keliatan sekali,  semua TPS  konsentrasi  Makassar dimenangkan pasangan ABM-Eny,” jelas Adam.

Dipaparkan lebih lanjut oleh Adam yang juga adalah Direktur Radio Sfarta FM, Pasangkayu. Bahwa berdasarkan hasil inventarisir dari Kerkunan Keluarga Turatea (KKT). Soliditas perantauan Makassar di Matra yang terkonsentrasi Bambalamotu (Desa Wulai), Pasangkayu, Tikke, Jengeng, Pajalele, Makmurjaya, Lariang, Kenangan, Karave, Limori, Motu, Balanti, Bulu  Taba , SP 6, SP 8, Naras, Bambaloka, Kasano, sangat kuat. Itu member dukungan suara yang signifikan.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.