Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, May 11, 2017

Bappeda dan Litbang Pasangkayu Adakan Workshop Penyusunan Roadmap Sistem SIDa

Baca Juga

Roadmap SIDa di Pasangkayu (dok: fb Bappeda Matra)
Roadmap SIDa di Pasangkayu (dok: fb Bappeda Matra)
Pasangkayu - Bertempat di  Aula Hotel Multazam, Pasangkayu Senin (08/052017), Bada Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbang Mamuju Utara (Pasangkayu), Sulawesi Barat (Sulbar),  adakan workshop Penyusunan Roadmap  Sistem Inovasi Daerah ( SIDa). Dihadiri Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), para  Camat, perwakilan kelompok nelayan dan perwakilan kelompok tani, seluruh kabupaten. Tampil sebagai nara sumber utama, Gopa Kusworo dari Kemenristek Dikti (Sekjen Assosiasi STP Indonesia).
Sekretaris Bappeda Litbang Mamuju Utara Arhammuddin, SE, M.Ap  disela pembukaan Workshop Penyusunan Road Map Sistem Inovasi Daerah ( SIDa), katakana, kegiatan ini berdasarkan Peraruran Bersama Menteri Dalam Negara Riset dan Teknologi Ri dan Menteri Dalam Negeri RI nomor 03 tahun 2012 dan Nomor 36 tahun 2012.
“Roadman Sistem Inovasi Daerah (SIDa), salah satu dokumen yang dijabarkan secara lebih detail arah pembangunan daerah dalam hal pengembangan potensi-potensi lokal dengan mengutamakan penumbuhkembangkan inovasi oleh Institusi-institusi pemerintah daerah baik secara sektoral maupun lintas sektor oleh lembaga kelitbangan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha serta masyarakat di daerah,” papa Arhammuddin.
Dikatakannya, dengan penyusunan Road Map SIDa tersebut diharapkan potensi-potensi lokal dapat didentifikasi untuk selanjutnya dengan memperhatikan arah pembangunan yang telah direncanakan pada level pemerintahan yang lebih atas potensi-potensi tersebut dapat dikembangkan secara inovatif untuk memperoleh outcome yang optimal.
Sekretaris Bappeda Litbang Mamuju Utara Arhammuddin, SE, M.Ap menghimbau dan berharap kepada SKPD agar outcome dan dampak dari kegiatan ini benar-benar dijalankan dan diaplikasikan di perencanaan tiap SKPD dan kecamatan.
“Saya berpesan,  perencanaan jangan hanya disimpan sebagai dokumen laporan, akan tetapi ditindaklanjuti sesuai arahan indikasi program dan senatiasa melakukan evaluasi terhadap capaian target dan kinerja, karena dengan seperti itu kita bisa mengetahui perkembangan yang ada,”tambahnya.
Sementara itu pada sisi lain, Handani, SP, Kepala Bidang Litbang Bappeda katakana pula,  perlu intervensi pemerintah daerah diantaranya pembentukan Tim Koordinasi SIDa yang dilindungi oleh Bupati, Wakil Bupati, di Ketuai oleh Sekretaris Daerah sesuai amanat peraturan bersama antara Kemenristek dan Kemendagri nomor 3 tahun 2012 dan nomor 36 tahun 2012 dan juga setiap OPD  perlu menyusun program / kegiatan secara bersama-sama dan terintegratif dalam rangka pengembangan produk-produk unggulan di setiap daerah.
Workshop Penyusunan Road Map Sistem Inovasi Daerah ( SIDa) ini diakhiri dengan kegiatan diskusi bersama.
(sumber Bappeda Mamuju Utara/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.