Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, May 17, 2017

Matra dapat BSPS APBN 2017 Untuk 400 Rumah

Baca Juga

Kamaruddin, ST
Kamaruddin, ST
Pasangkayu -  Kabupaten Mamuju Utara (Pasangkayu), Sulawesi Barat (Sulbar)  untuk tahun 2017 ini dapat  program BSPS ( Bantuan Stimulan perumahan swadaya ) dari dana APBN 2017 sebanyak 400 unit rumah.

Bantuan yang dikelola oleh Satker SNPT Penyediaan Perumahan Propinsi Sulawesi Barat  untuk tidak layak huni  ini ditempatkan pada tiga kecamatan di Mamuju Utara,  yaitu  Kecamatan Sarjo, Dapurang dan Kecamatan Baras, terdiri dari 8 Desa dan 1 Kelurahan. Seperti yang disampaikan Kabid Perumahan Dinas Perumahan Dan penataan ruang Kabupaten Mamuju Utara, Kamaruddin, ST,  Rabu (17/5/2017).

Kamaruddin  jelaskan, bantuan program BSPS ini hanya ditujukan kepada masyarakat  yang berpenghasilan rendah. Masyarakat  yang dapat bantuan ini, harus siap berswadaya antara lain tenaga dan material karena bantuan BSPS ini  hanya sifatnya stimulan.  Juga  penerimah bantuan harus memenuhi persyaratan  yang tertuang dalam surat pernyataan.

“Mulai dari honor  fasilitator,  tenaga  pendamping  dan tim  teknis dibiayai oleh Satker yang dibentuk provinsi. Jadi  fungsi dinas  kabupaten hanya fasilitasi masyarakat  melalui pemerintah Desa,” tambahnya.

Kabid  Kamaruddin  paparkan, program  bantuan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah terdiri dari 3 kategori, program BSPS, DAK reguler Bidang Perumahan dimana  kriteria wilayah penerimah adalah wilayah  kumuh, di pulau-pulau terluar, daerah tertinggal  dan wilayah perbatasan dan  program PLN ( pembiayaan Luar Negeri ) yang syaratnya adalah  Pemda harus siapkan dana  co-sharing.

Ditambahkannya, data  desa  yang belum terealisasi tahun ini, akan menjadi data base dinas  tahun depan dan menjadi skala prioritas sepanjang memenuhi semua persayaratan.

“Jadi  untuk data  rumah tidak layak huni dari Desa Tahun 2016 yang belum sempat  terdanai akan menjadi data usulan berikutnya," kata Kamaruddin.

(Kontribusi Ags/wis/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.