Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, July 16, 2017

The Real Mamuju Utara

Baca Juga

Ikon Kota Pasangkayu, Mamuju Utara
Ikon Kota Pasangkayu, Mamuju Utara

Pasangkayu - Mamuju  Utara  (Matra)  yang identik dengan sebutan  Pasangkayu,  adalah kabupaten  paling  ujung utara Provinsi Sulawesi  Barat. Terbentuk berdasarkan  Undang Undang Nomor 7 tahun 2003, hasil pemekaran dari Kabupaten Mamuju.

Sebelum terbentuk jadi kabupaten, Matra  masih sangat terisolir. Kehidupan masyarakatnya masih terbelakang dan merupakan daerah pelarian akibat adanya pemberontakan DI/TI di awal-awal Kemerdekan RI. Karena itu warga Mamuju Utara kini didiami oleh banyak ragam suku pendatang.

Kabupaten yang dijuluki  Bumi Vova  Sanggayu ini,  semula  terdiri  dari  empat kecamatan, yakni, Kecamatan Sarudu,  Baras, Pasangkayu dan Kecamatan Bambalamotu. Ide awal pembentukannya di mulai dari Sarudu yang dimotori oleh  H. Yaumil Ambo Djiwa, H. Agus Ambo Djiwa berserta sejumlah tokoh pembentukan Matra lainnya.


Setelah  terbentuk  menjadi kabupaten secara admnistratif, Matra mulai memacu laju pembangunan. Pertumbuhan ekonomi secara bertahap dapat ditingkatkan. Hal tersebut didukung oleh kondisi alam yang sangat strategis, berisisian dengan Selat Makassar  pada kawasan dataran rendah serta tanah yang subur di dataran tingginnya.Karena itu kabupaten ini kembangkan perkembunan, pertanian yang didukung sektor yang perikanan yang cukup potensil.

Selain dikenal sebagai  penghasil sawit ternama di Pulau Sulawesi,  kabupaten ini dalam kurun waktu 3 tahun terakhir menjadi sentra pengembangan udang vaname. Pada tahun 2015 silam, Bupati  H. Agus Ambo Djiwa,  telang mengundang presiden RI, Ir. Joko Widodo untuk canangkan pertambakan vaname secara intensifikasi  dengan teknologi yang  rama lingkungan, serta ekstensifikasi  tambak vaname hingga mencapai ribuan  hektar. Itu ditandai  dengan diresmikannya Kampung Vaname  di Kecamatan  Tikke  Raya.


Perkembangan Kabupaten Matra dengan  usia mulai menanjak dari 14 tahun cukup signifikan dengan kemajuan Negara Republik Indonesia. Kabupaten yang  cukup terbelakang  hingga akhir 1990-an  ini mulai dibenahi infrastruktur dasarnya jalan –jalan dan jembatan serta pasilitas umum lainnya dibangun secara bertahap. Itu kemudian mendorong laju kesejahteran masyarakat, hingga pada tahun 2014 lalu, Matra  telah keluar  dari kategori daerah tertinggal.
LS



No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.