Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, September 3, 2017

Dengan Bumdes, Batumetoru Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Baca Juga

Muh. Said
Muh. Said
Pasangkayu - Pemerintah Desa (Pemdes) Batumetoru Kecamatan Lariang, Mamuju Utara (Pasangkayu), Sulawesi Barat (Sulbar) baru-baru ini lakukan Seminar  Desa, untuk jabarkan program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam membangkitkan ekonomi masyarakat .

Kepala Desa (Kades) Batumetoru,  Muh Said Sunusi  katakan, dengan Bumdes yang telah dibentuk ini, akan menjadi wadah untuk bangkitkan ekonomi  masyarakat  di wilayah Desa Batumetoru.

"Kami sudah bentuk  Bumdes dan telah lakukan seminar desa terkait rencana programnya yang dihadiri oleh Dinas kesehatan, Pariwisata dan dinas terkait lainnya," ungkap Kades Said saat di temui di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Said katakan, Bumdes yang telah dibentuk ini akan mendapat bantuan dana dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang Makassar untuk pengembangan ekonomi produktif. Bantuan ini rencananya akan menjadi modal awal untuk menjalankan program Bumdes Desa Batumetoru. Disebutkan pula Kades Said  bahwa program itu adalah pengolahan kacang kedelai.

“Kedelai  ini nantinya  akan diolah menjadi tahu, tempe dan air tahu yang akan dikemas didalam kaleng. Ini kan bernilai ekonomi  dan dapat menambah pendapatan asli desa,”  tambah  Said.

Untuk pemasarannya lanjut Kades, hanya akan dipasarkan di lingkungan Desa Batumetoru saja. Karena disepanjang  bantaran Sungai  Lariang dekat Jembatan tersebut  akan dibangun los-los (semacam tempat wisata). Dengan begitu, orang akan berdatangan istrahat sambil menikmati air tahu.

Kades katakana pula, akan  arahkan masyarakat  fokus pada penanaman kedelai di lahan yang tersedia.  Masyarakat yang tanam, Bumdes yang beli. Jadi  menurutnya masyarakat  tidak perlu  khawatir dimana mau dipasarkan hasilnya.

 (Ardi/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.