Cari di Blog Ini

Followers

Monday, October 30, 2017

Siap Awasi Pemilu, Panwaslu Matra Resmi Lantik 36 Panwascam

Baca Juga

Ketua Panwaslu Matra lantik 36 Panwascam
Ketua Panwaslu Matra lantik 36 Panwascam
Pasangkayu  - Sebanyak 36 orang Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 12 Kecamatan di Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Panwaslu setempat, Minggu (29/10/2017) malam di Hotel Trisakti, Pasangkayu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Provinsi  Sulbar yang diwakili Sekretaris, Idris meminta, kepada seluruh Panwascam dilantik agar mengemban tugas dan tanggungjawab secara profesional. Menurutnya, sebagai penyelenggara Pemilu setidaknya ada dua indikator yang harus terpenuhi yakni, strukturisasi dan regulasi. Dari segi strukturisasi, pihaknya berharap, agar komisioner Panwascam menjaga harmonisasi, soliditas dan solidaritas.

“Jangan sampai hanya karena memperebutkan posisi ketua lalu terjadi kesalapahaman antara komisioner, sehingga mengganggu tugas pokok, ” ujarnya.

Ia juga ingatkan, dalam menjalankan tugas, kewenangan dan tanggungjawab, Panwascam mengacu pada regulasi yang ada, seperti Undang-Undang (UU) nomor 15 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, HM Natsir, yang juga mewakili Bupati Matra, mengingatkan kepada Panwascam untuk terus mengasah kemampuan terkait pemahaman tentang kepemiluan.

"Teruslah pelajari Undang-Undang yang berkaitan dengan tugas pokok kalian,” pesannya.

Selain itu, ia juga berpesan, agar penyelenggara menjaga integeritas dengan tidak terlibat dalam politik praktis dan aktif.

“Jaga profesionalitas. Sebab, ditangan kalianlah digantungkan berjalannya proses Pilkada aman, lancar dan kondusif,” kuncinya.

Dalam  kesempatan yang sama, Ketua Panwaslu Matra, Syamsudin katakan, setelah selesai menjalani prosesi pelantikan, berbagai banyak tugas yang harus diselesaikan para anggota Panwascam yang baru, di antaranya adalah melaksanakan pembentukan kantor Sekretariat Panwascam dan melaksanakan membentuk Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di tingkat kelurahan/desa.

“Agenda-agenda kerja tersebut harus kita selesaikan dengan cepat,’’ ujarnya, saat menyampaikan sambutan.

Dikatanya, keberhasil Panwaslu dalam bekerja bukan diukur dari banyaknya pemecahan permasalahan Pilkada yang terjadi. Tetapi, terangnya, tolok ukur keberhasilan tugas Panwascam itu diukur dari tidak begitu banyaknya pelanggaran Pilkada yang terjadi. Dengan telah dibentuknya anggota Panwascam ini, Syamsudin berharap, proses Pemilu dan Pilpres 2019 nanti, berjalan aman dan lancar.

(ndi/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.