Baca Juga
Koodinasi BPJS Kesehatan dan Ombudsman |
Mamuju - BPJS Kesehatan Cabang Mamuju gelar
pertemuan kemitaraan yang libatkan Ombudsman RI Sulbar ,
lembaga pengawasan yang terlibat dalam pengawasan pelayanan publik dibidang
kesehatan serta stakeholder terkait termasuk penyelenggara fasilitas
kesehatan (rumah sakit). Tujuannya, tingkatkan
kemitraan dan komunikasi antara BPJS
Kesehatan.
Dalam pemaparannya,
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar Menegaskan, Salah satu
urgensi yang penting untuk diperhatikan oleh semua pihak adalah pembenahan
kualitas pelayanan khususnya di rumah sakit atau fasilitas kesehatan rujukan
tingkat lanjutan (FKRTL). sebab masih banyak peserta JKN-KIS di daerah
ini yang mengeluhkan kualitas pelayanan di rumah sakit. sehingga melalui
pertemuan ini pihak Unit penyelenggara pelayanan kesehatan diharapkan konsisten
menerapkan pelayanan yang efisien efektif dan berkualitas.
“Sampai hari ini kami
masih sering menerima pengaduan terkait pelayanan rumah sakit bahkan menjadi
laporan peringkat ketiga tertinggi di kantor kami, umumnya warga masih
mengeluhkan pembebanan iur biaya di luar ketentuan, sistem antrian, pelayanan
tidak transparan, kuota kamar rawat inap, serta ketersediaan obat,” ungkap
Lukman Umar, Kamis (09/11/2017)
Untuk sukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-KIS,
membutuhkan dukungan dari semua pihak, utamanya penyelenggara dan
pengelola fasilitas kesehatan yang memiliki peran strategis khususnya dalam
mendorong peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan.
Ombudsman Sulbar dan
BPJS juga bangun sinergi mendorong peningkatan mutu pelayanan kesehatan
di Sulawesi Barat, serta pencegahan fraud layanan kesehatan yang berpotensi
merugikan dana kesehatan yang bersumber dari keuangan negara yang bisa menurunkan
mutu layanan.
(Humas Ombudsman RI
Sulbar/LS)
No comments:
Post a Comment
Komentar