Baca Juga
Koordinasi Ombudsman RI Sulbar Satker PJPA
Satker PSPAM dan PDAM Tirta Manakarra
|
Mamuju –
Jajaran Ombudsman RI Sulbar, lagi-lagi tunjukkan apresiasinya yang luar biasa
untuk layanan fasilitas umum di Kota Mamuju dan sekitarnya. Hal tersebut
dilakukan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama para pihak terkait dalam
rangka membahas sejumlah persoalan pengelolaan air bersih di Ibukota Provinsi
Sulawesi Barat (Sulbar) ini, Jumat (24/11/2017).
Melalui rakor tersebut,
lahirkan kesepakatan bersama pembentukan Forum Terpadu Penanganan Air Bersih (FTPAB)
yang terdiri dari Ombudsman RI Sulbar, Satker PSPAM (Satuan Kerja Pengembangan
Sistem Penyediaan Air Minum) Satker PJPA (Satuan Kerja Pelaksanaan Jaringan
Pemanfaatan Air Wilayah Sungai Kalukku, Karama Lariang Provinsi Sulbar) dan
PDAM Tirta Manakarra.
Kedepan Forum ini akan menjadi wadah komunikasi bagi
semua pihak terkait, dalam rangka komunikasi tindaklanjut atas pengaduan
masyarakat terkait masalah pelayanan air bersih, rencananya forum ini akan
melibatkan semua PDAM se-Sulbar, Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.
Asisten Ombudsman RI Sulbar, Sukriadi Azis katakan, kondisi ketersediaan Air baku dari
air tanah, air sungai, maupun air hujan tidak selalu tersedia dalam
kondisi baik atau memenuhi syarat minimum air bersih. Bahkan sumber pasokan air
masih terbatas yang menyebabkan dalam kondisi tertentu terjadi kekurangan
pasokan air bersih khususnya di kota Mamuju Sehingga perlu adanya sinergitas semua
pihak untuk mendorong perbaikan sarana dan prasarana penyediaan air
bersih.
“Kami harap dengan
terbentuknya tim ini akan membawa perubahan yang lebih baik dalam pelayanan air
minum di Kabupaten Mamuju. Dengan dukungan dan kerjasama semua pihak
terkait sangat memungkinkan aspek-aspek pelayanan PDAM dapat ditingkatkan
sebab ketersediaan air baku merupakan persoalan utama bagi PDAM di Daerah ini
seiring bertambahnya jumlah penduduk,” jelas Sukriadi Azis
Dalam Koordinasi
ini pula terungkap sejumlah keluhan masyarakat
terkait pelayanan PDAM menjadi salah satu topik pembahasan. Namun Setelah
koordinasi hari ini, pihak Ombudsman RI Sulbar terus memantau realisasi
dilapangan, utamanya di sektor perbaikan pelayanan air bersih. Karena itu
pertemuan ini memberikan dampak
signifikan dalam perbaikan pelayanan distribusi air bersih di daerah ini
(Humas
Ombudsman RI Sulbar/LS)
No comments:
Post a Comment
Komentar