Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, September 26, 2018

Berkujung Ke Saluassig, Mamasa, Desa Lahirnya Tedong Doti

Baca Juga


Jurnalis dan LSM bersama Kades Saluaasing, Warman Wirawan (celana biru)
Jurnalis dan LSM bersama Kades Saluaasing, Warman Wirawan (celana biru)
MAMASA, lenterasulawesi – Desa Saluassing adalah salah satu desa di Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). Desa yang berada di kaki pengunungan quarles Sulawesi cukup subur dengan tekstur tanah laterit kuning. Ini memiliki ekonimis untuk perkebunan buah-buahan seperti manggis, jeruk, nangka, sayuran serta komuditi ekspor seperti coklat.

Menurut Kepala Desa (Kades) Saluassing, Warman Wirawan yang ditemui, Jumat (21/09/2018), desanya memang cukup subur. Berbagai jenis buah-buahan tropis dan sayuran dapat tumbuh dengan baik di desanya.

“Selain berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, di Desa Saluassing ini padi juga tumbuh dengan baik. Perlu juga di catat bahwa Desa Saluassing ini adalah tempatnya tedong doti dilahirkan,” kata Kades Warman.

Ketua DPW KAKI Sulbar, Soleman Randuk dan Jurnalis Syahrir di tengah keindahan alam Desa Saluassing
Ketua DPW KAKI Sulbar, Soleman Randuk dan Jurnalis Syahrir di tengah keindahan alam Desa Saluassing
Dipaparkan lebih jauh oleh Kades Warman bahwa dalam dua tahun terakhir kemajuan infrastruktur di desanya cukup signifikan peningkatannya. Dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari Pemkab. Mamasa telah membuat akses ke desa ini semakin mudah. Demikian juga Dana Desa (DDes) yang dikelola oleh Pemdes telah memuluskan jalan antar-dusun.

Seperti dikatakan oleh Kades Saluassing, hasil pantauan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sulbar serta sejumlah jurnalis yang berkunjung ke desa ini, membenarkan apa yang dikatakan Kades Warman. Kendaraan roda empat sudah mencapai puncak desa ini pada ketinggian 873 meter di atas permukaan laut (dpl). Padahal 3 tahun yang lalu, untuk sampai ke Desa Saluassing, jangankan roda dua, jalan kaki saja, harus berpelu deras untuk mencapainya.

Jalan beton menuju Desa Saluassing
Jalan beton menuju Desa Saluassing
Kades Warman juga yakin, apabila akses menuju ke desanya sudah oftimal, maka perekonomian masyarakat akan semakin membaik. Karena itu dirinya sebagai pemerinta setempat harapkan pada masyarakat untuk senantiasa mendukung dan berpartisipasi dalam percepatan pembangunan ini.

“Atas nama masyarakat Desa Saluassing dan juga selaku pemerintah desa, saya sampaikan terima kasih tulus kepada pemerintah kabupaten yang telah memberikan perhatian dalam membangun jalan dan jembatan menuju Saluassing. Kami yakin pada tahun 2019 mendatang akses jalan menuju desa kami sudah beton semua,” tandas Kades Warman yakin.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.