Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, September 26, 2018

Deklarasi Pemilu dan Kampanye Damai di Kabupaten Pasangkayu

Baca Juga

BUPATI Pasangkayu Agus Ambo Djiwa beserta unsur Forkopimda dan pimpinan Parpol saat akan melakukan penandatanganan ikrar pemilu aman, damai dan sejuk. (SULBARKU)
BUPATI Pasangkayu Agus Ambo Djiwa beserta unsur Forkopimda dan pimpinan Parpol saat akan melakukan penandatanganan ikrar pemilu aman, damai dan sejuk. (SULBARKU)

PASANGKAYU, lenterasulawesi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu lakukan kampanye damai yang dihadiri para pengurus partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 dan para tim koalisi Indonesia Kerja Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan tim Koalisi Indonesia Adil Makmur Capres dan Cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam pelaksanaan kampanye damai itu, pihak penyelenggara, KPU Pasangkayu melaksanakan deklarasi pemilu dan kampanye damai mengambil tempat di anjungan pantai Pasangkayu, Rabu (25/9/2018), yang dihadiri Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, Kapolres Pasangkayu AKBP I Made Arya Pradana, Kasdim Pasangkayu Mayor Rosadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Pasangkayu Firman, Ketua Bawaslu Pasangkayu Ardi Trisandi beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad, mengajak seluruh parpol peserta pemilu dan para tim koalisi Capres - Cawapres untuk selalu melakukan kampanye aman, dami dan sejuk.

"Selaku penyelenggara, saya mengajak seluruh parpol peserta pemilu dan tim koalisi pemenangan Capres dan Cawapres untuk selalu melakukan kampanye yang aman, damai dan sejuk ditengah-tengah masyarakat," ajak Syahran.

Kata Syahran pula, pada pemilu 2019 mendatang, terdapat 354 orang caleg dari 15 parpol yang mendaftar ke KPU Pasangkayu. Dari sekian banyak caleg dan parpol peserta pemilu 2019 ini, memang diharapkan para caleg dan parpol dalam melakukan sosialisasi di masyarakat untuk perlu adanya ketenangan dan kedamain dalam berkompetisi, tetapi dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan Merah Putih.

Lanjut Syahran, adapun pelaksanaan kampanye dimulai pada tgl 23 September 2018 hingga 13 April 2019 dan diharapkan kepada semua peserta pemilu tetap menjaga rasa aman damai dalam melakukan kampanye.

"Kami selaku peyelanggara berharap dalam penyelenggaraan pemilu ini jangan diganggu dan menyeret kepada kepentingan tertentu sehingga selalu aman dan damai. Kepada semua stkehokder, agar tetap bekerjasama dan membangun komunikasi yang baik agar penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik aman dan berkualitas karena suara masyarakat di kabupaten Pasangkayu ini untuk ikut berpartisipasi di DPT (daftar pemilih tetap) sekitar 88 ribu orang, dan sekita 2 ribu pemilih belum memiliki KTP-elektronik yang terdaftar dalam DPT," papar Syahran.

Sementara itu, Kapolres Pasangkayu AKBP I Made Arya Pradana mengawali sambutannya dengan menyampaikan yel-yel dan juga berharap pelaksanaan pemilu di Pasangkayu tercipta dengan baik, aman, damai dan sejuk.

"Walau kita berbeda di pemilu 2019 ini, namun kita tetap bersaudara sehingga selalu terjaga Pasangkayu bersatu, Indonesia kuat, dan NKRI terjaga," pesan I Made.

I Made juga himbau kepada seluruh peserta pemilu terutama para caleg untuk tetap membangun persaudaraan dan bersahabat. Dengan persatuan dan persaudaraan yang kita bangun, tidak akan mungkin akan ada yang dapat mengganggu keamanan daerah kita, dan diaharapkan kepada parpol peserta pemilu agar dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat tentang berdemokrasi yang baik.

Di tempat yang sama, Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa menyampaikan agar dalam pelaksanaan pemilu ini agar tetap terbangun rasa persaudaraan dan persatuan ditengah-tengah masyarakat.

"Kontestasi para caleg agar menyampaikan ide yang cemerlang namun jangan menyampaikan hal hal yang negatif, jelek dan mendiskreditkan satu sama lain," ujar Agus.

Agus  juga berharap, pelaksanaan pemilu di Pasangkayu pemilu penuh damai, persaudaraan, dan persatuan sehingga melahirkan pemimpin yang bisa mengayomi masyarakat. Kepada para caleg, ia menghimbau agar menyampaikan hal-hal yang baik dan program pembangunan yang bersifat membangun untuk daerah kita. Mari kita sukseskan pemilu ini, lawan hoax, ujaran kebencian di masyarakat, dan menjadikan pemilu yang demokratis, sehingga tercapai Pasangkayu yang Jaya dan maju semakin berkembang.

Acara kemudian dilanjutkan penandatangan ikrar pemilu damai oleh para ketua parpol peserta pemilu 2019 di Pasangkayu. Pembacaan ikrar tersebut diikuti oleh para ketua parpol peserta pemilu 2019, oleh Ketua Bawaslu Pasangkayu Ardi Trisandi, Adapun penandatangan ikrar diawali oleh ketua tim sukses Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin diwakili ketua tim koalisi Indonesia Kerja Yaumil Ambo Djiwa dan Capres-Cawapres Prabowo-Sandi diwakili ketua harian tim koalisi Indonesia Adil Makmur Uksin Djamaluddin.

Kemudian penandatangan ikrar pemilu damai oleh para ketua Parpol peserta pemilu 2019, dilanjutkan penandatanganan pemilu damai oleh Bupati dan unsur Forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah) serta masyarakat. Diakhir acara dilakukan pelepasan balon berwarna Merah Putih ke udara menandai pemilu damai oleh Bupati dan unsur Forkopimda serta para pimpinan parpol peserta pemilu 2019 termasuk para komisioner KPU dan Bawaslu Pasangkayu.
(rdk/LS)




No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.