Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, January 28, 2016

Pulau Paling Musrik Itu Ternyata Indah?

Baca Juga



Pulau Berhala yang indah dan unik   (foto:gifarigraphi.blogspot.com)


Sebuah pulau yang diberi nama cukup unik, “Pulau Berhala.”  Artinya itu pulau penuh dengan berhala-berhala yang membuat kemusrikan. Apalagi pulau di  pedalaman Sumatera Utara (Sumut), tepatnya di Kabupaten Serdang Bedagai, perbatasan antara negara Malaysia dengan Indonesia. Memang juga adalah pulau terluar Indonesia. Hingga  Pulau Berhala dijaga oleh prajurit Marinir yang bertugas untuk memantau dan mengawasi sekitar lokasi serta perairan di kawasan ini. Untuk masuk, harus meminta izin dulu pada petugas yang bertugas. Walaupun dibuka untuk wisatawan, pulau ini cukup ketat soal peraturan. Pendatang harus izin dulu dan menyerahkan segala bentuk senjata tajam dan minuman keras yang dibawa.

Tentang Pulau Berhala, ada cerita rakyat  menjelaskan nama Berhala. Karena konon Putri Hijau dari Kerajaan Deli (Melayu) diculik dan dibawa oleh pangeran dari negeri Anta Beranta yang kemudian diselamatkan oleh adiknya, Putri Hijau yang berwujud naga. Kisar cerita yang penuh mistik ini  menurut penduduk Serdang Bedagai menjadikan  adalah lokasi ini pemujaan (ritual) mistis untuk memuja adik Putri Hijau yang menjelma menjadi naga.

Tapi, ada juga cerita nama "Berhala" diambil dari makam dan tapak kaki Datuk Paduko Berhalo yang merupakan salah satu raja yang terkenal pada masa Kerajaan Melayu. Oleh sebab itu pulau dinamakan pulau Berhala. Tapi, jangan buru-buru mencari makam dan tapaknya, karena rimbunnya hutan dan tebing tinggi sekitar pulau, akan membuat anda tersasar dan kesulitan menemukan jalan pulang. Karena keberadaan makan dan tapak, konon sudah ditutupi rimbunnya hutan.

Bukan Cuma memiliki nama yang mengandung kemusrikan, Pulau berhala adalah tempat yang indah pantainya indah yang memiliki biru bergradasi dengan kejernihan yang terlihat bening. Ada juga pasir putih yang bersih dan menawan.Banyak bebatuan beku berukuran besar  dan aneka bentuk yang unik. Memiliki keindahan terumbu karang yang bahkan bisa dilihat dari darat. Airnya yang jernih enak untuk berenang bersama banyak ikan warna-warni yang akan membuat gemas. Ikan-ikan hias berenang bebas dan tak ketinggalan hewan-hewan laut seperti bintang laut, teripang.

(Sumber: tribunnews.com)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.