Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, January 17, 2016

Sosok H Aras Tammauni, Pemecah Rekor Suara Terbanyak Pilkada Serentak 2015

Baca Juga



H Aras Tammauni                     (foto:int/LS)

Mamuju Tengah - Jauh-jauh sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentah tahun 2015, nama H Aras Tammauni memang tidak asing di Sulawesi Barat (Sulbar) apalagi di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Sosok wirausaha dan politisi ini sangat akrab dengan sapaan “Uwe Aras.”


H Aras Tammauni yang berkiprah di Partai Demokrat (PD) memang sangat sangat cemerlang. Pada partai besutan mantan Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, mengantarkan Uwe Aras menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulbar.

Meskipun telah menjadi orang nomor satu dalam parlemen Sulbar, Aras secara moril dan nurani terpanggil  untuk kembali membangun Mateng. Kabupaten paling bungsu di Sulbar, dimana ia telah berjuan dalam pembentukan kabupaten penghasil sawit dan durian tersebut.

Maka dalam Pilkada serentak 2015, H Aras Tammauni bersama dengan Muh Amin Jasa melangkah dengan pasti demi Mateng. Lalu, dalam proses demokrasi tersebut, pasangan Aras Tammauni – Muh Amin Jasa, menorehkan satu catatan fantastik dan rekor yang susah terpecahkan di tanah air bahkan di dunia.

Pasangan  ini dengan nomor urut 2 Aras Tammauni-Muh Amin Jasa menang mutlak perolehan  suara 97,69%, atau 81.263 suara. Raihan suara yang nyaris  sempurna 100%. Itu berdasarkan tabulasi data C1 hasil rekapitulasi perhitungan suara di website resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kemudian ditetapkan melalui pleno KPU setempat.
Siapakah sebenarnya H M Aras Tammauni? Ia adalah pria  yang lahir di Mamuju  pada tanggal  31 Desember 1957.  Politisi senior PD, mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat  Provinsi Sulawesi Barat  tahun 2004 hingga 2012. Kemudian dari  tahun 2012 sampai saat ini  menjabat Ketua Majelis  Daerah Partai Demokrat Sulawesi Barat .
Beliau ini adalah pengusaha sukses di Kabupaten Mamuju yang memiliki pengalaman menjadi  Kepala Desa Tobadak  selama 35 tahun yang kemudian diminta  oleh Partai Demokrat  untuk mencalonkan diri menjadi salah satu Calon Legislatif (Caleg) DPRD  Provinsi Sulbar dari Daerah Pemilihan (Dapil)  6 Kabupaten Mamuju pada Pemilihan Legislatif (Pileg)  2014  silam.

Dengan peroleh suara yang signifikan serta posisi Partai Demokrat sebagai pemenang dalam Pileg 2014 H M Aras Tammauni  melangkah dengan mulus ke kursi Ketua DPRD Sulbar. Ia adalah mantan kepala desa pertama di Sulbar yang bisa langsung menduduki kursi Ketua DPRD Sulbar.

Dalam kesehariannya Uwe Aras adalah sosok yang sangat merakyat dan kharismatik. Di tempat tinggalnya, Topoyo, Kabupaten Mateng, ia biasa jalan-jalan mengunjungi masyarakat untuk bertutur sapa. Uwe juga sangat menyukai naik sepeda pagi keliling kampung.
Dalam keluarga, Uwe Aras adalah pribadi yang sangat demokratis. Ia memberi motivasi dan arahan pada anak-anaknya untuk bebuat baik kepada sesama. Juga dalam jalur politik ia juga memberi apresiasi kuat bagi putra-putrinya, bahkan dua anaknya,  Arsal Aras dan Nirmalasari Aras sudah lebih dulu berkiprah sebagai  legislator di Kabupaten Mamuju. Kini Arsal Aras adalah Ketua DPRD Mateng.
Dengan bekal pegalaman sebagai  pengusaha dan politisi, masyarakat Mateng yakin, kepemimpinan H M Aras Tammauni sebagai bupati akan membawa perubahan yang signifikan. Mamuju Tengah akan semakin setara dengan kabupaten yang maju lainnya di Sulbar, bahkan di Indonesia.

(LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.