Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, March 8, 2016

Diduga Cemari Sungai, DPRD Sigi Minta Tambang Emas Dongi-Dongi diHentikan

Baca Juga

Tambang di Dongi - Dongi, Kabupaten Sigi diDuga cemari sungai     (foto: ardi)


Sigi - Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Intjenae, meminta agar pihak Pemerintah Provinsi dan Balai Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) menghentikan aktifitas para penambang liar yang berada di Kawasan TNLL di Dongi-Dongi, Desa Sideao, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. 

"Kami minta pihak Provinsi dan BTNLL harus mengambil sikap tegas agar aktifitas tambang di Kawasan taman nasional lore Lindu di Kabupaten Poso itu segera dihentikan sebab berdampak ke Sigi," minta Moh Rizal saat meninjau lokasi tambang bersama BLH dan PolHut Sigi di Dongi-Dongi rabu (2/3).

Memurut Moh Rizal, limbah dari eksploitasi tambang emas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sigi bagian timur itu diduga telah mengalir dan mencemari Sungai Sopu yang terhubung langsung dengan Sungai Gumbasa Wilayah Kabupaten Sigi hingga ke Sungai Palu.

Sementara menurut Kabid Pemantauan Kawasan BLH Sigi, Yoke, yang ditemui wartawan sebelumnya, juga mengkhawatirkan limbah dari aktivitas tersebut. Diduga telah mencemari sungai sehingga di khawatirkan akan mengganggu stabilitas ekosisestem flora dan fauna khususnya yang ada di Wilayah Kabupaten Sigi.


(Ardi/Umar, LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.