Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, July 20, 2016

LAYANAN INFORMASI TERCEPAT

Baca Juga


Oleh Elsi Juniaty
Di jaman yang serba modern ini orang sudah mulai meninggalkan pepatah lama “ Biar lambat asal selamat”. Era informasi yang serba cepat seolah menggiring setiap orang untuk bekerja cepat dengan slogan “Cepat & tepat”.

Waktu yang terus bergulir berpengaruh pada sistim kehidupan dan informasi. Misalnya untuk menyampaikan suatu informasi, tidak lagi menggunakan surat menyurat yang memakan waktu lama untuk sampai ke tujuan. Tetapi sudah menggunakan perangkat media yang serba cepat misalnya melalui media elektronik atau media cetak. Sehingga  kita bisa langsung mengetahui peristiwa yang baru saja terjadi di tempat lain. 

Media merupakan  sebuah sarana yang dapat menyampaikan berbagai macam informasi berupa pesan – pesan pembangunan bagi masyarakat. Selain itu media juga berfungsi sebagai kontrol sosial dan penyedia hiburan. Berbagai macam media yang berkembang dalam masyarakat baik itu media elektronik misalnya televisi dan media cetak seperti koran, tabloid dan majalah. 

Kemajuan teknologi semakin mengembangkan sistim informasi lainnya seperti  medsos dan twiter. Hal ini semata untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat sebagai konsumen.

Ada begitu banyak macam media cetak yang ada di tanah air seperti Koran, majalah, tabloid, jurnal dll. Pertumbuhan yang begitu pesat menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat  Indonesia sebagai konsumen terhadap media cetak ini tidak pernah berkurang. Kebutuhan akan informasi dan hiburan merupakan hal penting yang menjadi keperluan penting bagi setiap orang dalam mengetahui perkembangan jaman.

Kalau kita amati lebih jauh, media cetak yang terbit setiap hari seperti koran, keberadaannya tetap menjadi salah satu sumber bacaan yang disukai masyarakat. Pasalnya, berbagai informasi yang tersaji di Koran sangat beragam dan kompleks sehingga pembaca dapat mengetahui peristiwa terbaru, gagasan – gagasan baru, maupun jenis – jenis iklan yang sering menjadi pemanis berita.
Kepercayaan masyarakat terhadap media yang satu ini semestinya tetap menjadi alasan kuat bagi setiap pengusaha pers untuk lebih meningkatkan kwalitas dan mutu penyajiannnya.

Pembaca adalah target utama media. Keindahan desain, keteraturan dan kerapihan setiap halaman di Koran menjadi salah satu daya tarik utama pembaca. Langkah selanjutnya akan mencari topik berita atau tulisan yang menarik dan sesuai kebutuhan dan realita sehari – hari. Biasanya topik tulisan yang menarik akan dibaca berulang – ulang karena pembaca dapat mengambil suatu manfaat dari tulisan tersebut
Tetapi ada juga media cetak yang meremehkan minat pembaca sehingga tampilan berita ataupun tulisannya tidak terlalu diminati. Misalnya tulisan – tulisan yang hanya berisikan penggalan – penggalan berita, tulisan yang arah gagasannya hanya mengkritik dan menggurui, serta susunan topik berita di halaman medianya tidak teratur. Pengusaha pers hendaknya terus berbenah diri dalam meningkatkan mutu dan kwalitas medianya apabila menginginkan produknya tetap lestari

Sulawesi Barat adalah propinsi yang sedang menjalani pembangunan diberbagai sektor. Tentu peran media sangat penting sebagai katalisator dalam menggerakkan pembangunan. Beberapa media cetak ternama di Sulawesi Barat yang laris manis dan dicintai pembacanya yakni Radar Sulbar, Harian Rakyat Sulbar, Sulbar Ekspres dll. Dan kini ada Harian Sulbar Raya yang jika peka dengan keinginan pembaca di pasar media, maka bukan hal tidak mungkin media satu ini akan dapat menjadi salah satu Koran Favorit di Sulawesi Barat.

Banyak media banyak pula pilihan bagi pembaca. Kesuksesan media pada umumnya kuncinya ada pada minat pembacanya. Para pengusaha pers harus lihai melihat sasaran.  Perlu diingat bahwa pembaca Koran terdiri dari berbagai kalangan  dan usia, yakni anak – anak serta remaja dan orang dewasa. Jadi penyajiannya pun mestinya sesuai dengan kondisi pembaca..

Banyak pengusaha pers hanya berpatokan pada besarnya angka  penjualan produknya dan sudah berbangga hati jika sesaat terjadi lonjakan permintaan, namun sebenarnya grafik penjualannya  naik turun. Sementara di sisi lain pengusaha pers yang cerdas mengintai peluang bisnis yang semakin menjanjikan ini, mereka akan lebih mengutamakan untuk menata para pekerja medianya lebih terampil bukan hanya ketika mendesain halaman demi halaman surat kabar,  tapi mereka dibimbing tentang bagaimana menjadi relasi yang baik dan ramah bagi setiap individu. Karena dari satu individu akan menarik banyak individu lainnya. Dengan memiliki trik ini maka tak heran jika omset penjualan akan merangkak naik dengan sendirinya. Seperti yang dialami oleh sebuah media cetak di Amerika yang berhasil dengan menerapkan metode ini (Times 2006).

Bagi penulis, membaca koran adalah sebuah seni  petualangan pemikiran, menjelajah setiap kata, mencari makna di setiap untaian kalimat untuk mengenal dunia.    Sebagaimana makna slogan ini ”Jika anda ingin mengenal dunia MEMBACALAH, dan jika ingin dunia  mengenalmu MENULISLAH”.. Apabila membaca dapat mencerdaskan pikiran, maka harapan bagi setiap  penyedia informasi agar dapat meramu produknya menjadi sebuah menu yang nikmat dan menjadi santapan sehat  bagi setiap pembaca.



No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.