Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, July 24, 2016

Musda I AMAN Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean, Referesentasi Adat Mamasa

Baca Juga

Musda I AMAN Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean

Mamasa -  Musyawarah Daerah  (Musda) I (Pertama) Aliansi Masyarakat  Adat  Nasional  (AMAN) Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean  yang dilaksanakan  pada Tanggal 22 hingga  23 Juli 2016  di Mamasa, berlansung  dengan baik dan saman. Juga telah mengukuhkan  konfigurasi  kepengurusan yang refesentatif  di Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar)  sebagai daerah kawasan  adat yang terkemuka.

Dalam  press release  yang disampaikan ole h AMAN, bahwa dalam Musda tersebut  telah menetapkan 11  orang  Dewan AMAN (urutan 1 - 11 dari kanan), 1 orang Dewan Wilayah AMAN Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean  yang akan mewakili  wilayah kehadatan Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean Pusat  dan   1 org Badan Pekerja Harian AMAN di Mamasa.

“Sebelas (11) orang  Dewan AMAN dan 1 org Badan Pekerja Harian dipilih oleh 20 Komunitas Adat  yang  sudah terdaftar di  AMAN Pusat. Namun  yang diri 19 Komunitas adat , karena komunitas adat Matangnga Andiri Tateppon  tidak mengirim utusannya. Setelah ke 11 Dewan  AMAN Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean  terpilih, sesuai dengan tata  tertib sidang,  maka  ke 11 orang  Dewan AMAN secara  aklamasi  menunjuk  Pasamboan Pangloli, ST sebagai Dewan Wilayah AMAN  yang  mewakili  Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean di  AMAN Pusa,”  dalam  press release  tersebut.

Diuraikan lebih lanjut  dalam press release  bahwa selain itu juga,  11 Dewan AMAN secara  musyawarah dan  mufakat  sesuai dengan suara terbanyak  menetapkan  Obednego Depparinding  sebagai Ketua Dewan AMAN Daerah, Dermawan Mangoli  & Ludya Pasamboan sebagai Wakil Ketua. Badan Pekerja Harian AMAN Daerah terdiri dari 3 calon yg sebelum dipilih oleh 19 Komunitas adat yang hadir,  ke 3 calon tersebut sebelumnya menyampaikan visi dan misi. Yang terpilih sebagai BPH adalah Imanuel  P. Bombong.

Melalui    personal facebook  (PF)  juga  Dewan Wilayah AMAN terpilih Pasamboan Pangloli  (Tomakaka Messawa)  katakan  tentang bagaimana  hubungan antara AMAN Daerah dan Lembaga Adat yang sudah  dibentuk. Dengan  arif dan bijaksana  disampaikannya  bahwa Aliansi  Masyarakat  Adat  Nasional  sudah terbentuk sebelum terbentuknya Kabupaten Mamasa  sedangkan  Lembaga  Adat dikukuhkan oleh Bupati baru Tahun 2015 lalu.

“Kita harus berpegang  pada  maksud  dan tujuan pendirian Lembaga Adat  Mamasa  sesuai  dengan  penegasan  Bapak Bupati saat pelantikan bahwa yang dilantik sebagai  Lembaga  Adat  Mamasa bukan adat .

Aka lamabusung  tau ke mallantik ada', jadi  yang  saya lantik di sini  adalah  pengurus  lembaga  adat  yang  berfungsi  sebagai motivator, konsolidator dan fasilitator yg akan turun ke komunitas-komunitas  adat  yang  ada di wilayah  Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean  untuk menggerakkan, mendukung dan memotivasi semua komunitas adat sehingga komunutas adat dapat lebih hidup,"  kata bupati yang ditirukan oleh Tomakaka Messawa.

Lanjut  dijelaskan  oleh Pasamboan Pangloli  bahwa  Aliansi  Masyarakat  Adat  Nasional  akan  tetap  berjalan  sesuai AD/ARTnya dan  tentunya  akan  lebih  hidup  apabila ditopang  oleh Lembaga Adat Daerah yang  sudah  dibentuk  sesuai  dengan  amanah  yang  telah disampaikan oleh Bapak Bupati.

"Sebagai Dewan Wilayah AMAN, saya  berpesan  kepada  11  tomatua terpilih. Laksanakan  program-program  yang  telah  kita bahas  dan sepakati  di  Musda I AMAN.  Hidupkan  kembali  komunitas-komunitas adat  yang  sudah  mulai  terkontaminasi  atau  luntur oleh  adat dan kebiasaan  yang  berasal  dari l uar. Juga mendorong  komunitas-komunitas  adat  yang  belum  memiliki  ketua  adat  atau pemangku adat  untuk menentukan dan menetapkan ketua adat atau pemangkuh adat di wilayah keadatannya  sesuai  kriteria  adat  kebiasaat  komunitas setempat".

Ditekannya pula untuk  Lembaga  Adat  Mamasa  untuk  tetaplah bekerja  sesuai  dengan  amanah yang  disampaikam  oleh Bapak Bupati  yaitu sebagai  MOTIVATOR, KONSOLIDATOR dan FASILITATOR komunitas ada t yang  ada di Pitu Ulunna Salu Kondo Sapata Wai Sapalelean.

LS
Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.