Cari di Blog Ini

Followers

Monday, September 26, 2016

Banjir Sungai Martajaya Ancam Dusun Mulyosari?

Baca Juga

Gerusan Sungai Martajaya di Dusun Molyosari
Gerusan Sungai Martajaya di Dusun Molyosari
Mamuju Utara  - Hujan yang mengguyur Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi  Barat  (Sulbar)  seputaran Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, menyebabkan  Sungai  Martajaya  meluap dan menggerus  pemukiman  warga di  Dusun Mulyosari,  Jumat (23/09/2016). Itu sebabkan  warga  khawatir  akan bencana yang lebih besar  bila tidak diantisipasi  oleh pemerintah secepatnya.

Salah seorang warga, Sulaiman  (43) yang akrab disapa Gondrong yang rasakan lansung gerusan Sungai Martajaya,  katakan, kalau ia,  keluarga dan tetangganya  sangat  gelisah dengan kondisi ini. Setiap malam bila terjadi hujan deras, sangat  was-was oleh ancaman abrasi tersebut. Sebab bibir sungai yang tergerus sudah mendekati rumahnya.

“Dari rumah kami dengan pinggiran Sungai Martajaya, tinggal 2 meter. Makanya bila tidak ditanggulangi secepatnya, paling tidak dua bulan ke depan, pemukiman kami akan habis terkikis. Bahkan jalan poros Trans Sulawesi, bakal  ikut tergerus. Karena  dari  jalan dengan sungai hanya sekitar 10 meter jaraknya.”

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Polewali, Mujais nyatakan keperihatinannya.   Dengan adanya kejadian ini, ia sangat berharap kepada  semua  pihak  terkait untuk mencari solusi. Ia juga harapkan   kepada  pers  komunikasikan  dan informasikan masalah agar  segera ada  jalan keluar dari  masalah ancaman  bencana di Dusun Mulyosari ini.

Menurut  Kades Polewali,  bahwa pihak  pemerintah lewat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Matra  sudah  pernah diukur  bantaran Sungai Martajaya untuk  diberonjong. Tetapi  sampai sekarang belum ada realisasi.
“Kami harapkan rehabilitasi bantaran Sungai Martajaya segera dilakukan.  Apalagi  kondisi  pemukiman warga  Dusun Mulyosari  seputara  bantaran  sungai  alami  ancaman  erosi. Kalau dibiarkan, pemukiman warga bakal tergerus, bahkan bisa sampai ke jalan raya,” papar Mujais.

Gerusan banjir dan arus Sungai Martajaya, memang cukup  rawan ancamannya. Karena baru hujan beberapa  jam saja sudah banjir dan juga telah menumbangkan sejumlah pohon sawit milik warga. Bahkan sudah mengikis hingga mendekati rumah-rumah mereka.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.