Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, November 29, 2016

Ini Baru Jas Merah, Dari Matra Menjadi Pasangkayu

Baca Juga


Penyamaan persepsi dari Kab Matra ke Kab Pasangkayu  (dok: Bappeda Mamuju Utara)
Penyamaan persepsi dari Kab Matra ke Kab Pasangkayu  (dok: Bappeda Mamuju Utara)

Jakarta – Bukan karena Bupati  Mamuju Utara (Matra), Sulawesi  Barat (Sulbar), Ir H Agus Ambo Djiwa, MP, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi  Indonesia Perjuangan (PDIP) yang  identik dengan  jas merah. Tetapi  orang nomor satu di bumi Vova Sanggayu  ini memang memahami pesan  Bung Karno, “Jangan  Sekali- kali Meninggalkan Sejaran.”  

Hal tersebut  terungkap dalam sharing info  akun facebook Bappeda Mamuju Utara ke Lentera Sulawesi, Selasa  (29/11/2016) yang menuliskan adanya  antara  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Matra dengan Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) Direktorat Jenderal Bina Administrasi  Kewilayah. Diselenggarakan di di Gedung H Ruang Rapat Lt V Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan di Jakarta  pada hari Selasa 29 November 2016 ini.

Dalam  rapat  yang dipimpin langsung oleh Direktur Toponimi dan Batas Daerah – Ditjen Bina Adwil Kemendagri  adalah penyamaan  persepsi perihal Usul Perubahan Nama Daerah Kabupaten Mamuju Utara menjadi Kabupaten Pasangkayu. Ini dihadiri oleh Direktur Jenderal (Ditjen)  Bina Adwil Kemendagri, Direktur Harmonisasi  Peratuaran  Dan Perundang-undangan Kemen Hukum dan Ham, Direktur  Topografi TNI AD, Direktur Penataan Daerah dan Otonomi Khusus , Ditjen Otda Kemendagri,  Asisten Deputi Perundang – undangan Bidang Polkestra Sekretariat Negara,  Asisten Deputi Koordinasi Desentralisasi dan Otonomi Daerah Kemenkoolhukam,  Kepala Biro Hukum , Sekjen Kemendagri,  Kepala Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponimi,  Asisten Pemerintahan Provinsi Sulbar,  Kepala Biro Tata Pemerintahan Provinsi Sulbar,  Kasubdit Tata Ruang Wilayah II – Kemen PU, Kasubdit Harmonisasi Bidang Polkam, Ditjen PP  Kemen Hukum dan Ham, Kasubdit Toponimi , Data dan Kodefikasi Wilayah I, Kasubdit Toponimi  Data dan Kodefikasi Wilayah II, Kasubdit Pembekuan dan Perlindungan Bahasa Pusat Bahasa  Kemendikbud, Kasi Toponimi  Data Kodefikasi Wilayah IA, Kasi Toponimi Data Kodefikasi Wilayah IB, dan Staf Toponimi Data Dan Kodefikasi Wilayah Ditjen Bina Adwil Kemendagri.


Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara diantaranya Bupati Mamuju Utara, Ketua Komisi 1 DPRD Mamuju Utara Uksin Djamaludin, Asisten Pemerintahan Kabupaten Mamuju Utara, Kepala BAPPEDA Kabupaten Mamuju Utara, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Mamuju Utara, Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Mamuju Utara.


Menurut Bupati Matra, latar belakang  perubahan nama Kabupaten Mamuju Utara menjadi Kabupaten Pasangkayu  yakni dari aspek rasional dan historis daerahnya. “Sejak dulu, Kabupaten Mamuju Utara yang berbatasan dengan Sulawesi Tengah  (Sulteng) memang bernama Pasangkayu, kebanyakan orang luar yang hendak ke Mamuju Utara, terkadang salah kaprah dan mengira bahwa Mamuju Utara itu berbeda dengan Pasangkayu.” Jelas Bupati Matra.

Diuraikan  juga oleh oleh Bupati  Matra  bahwa  sejarah panjang Pasangkayu yang harus dilestarikan dan dijaga nama baiknya. Terkait masalah administrasi sehingga  anggaran terkadang turun ke Mamuju bukan ke Mamuju Utara karena terkadang kurang menyebutkan utaranya. Ketika  Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)  akan berkunjung  ke Kabupaten Mamuju Utara,  terpaksa batal gara-gara salah kaprah karena menganggap Mamuju Utara juga adalah Mamuju.


Bupati  Ir  Agus Ambo Djiwa,  berharap perubahan nama Kabupaten dikembalikan dari konsep awalnya historisnya dan sejarah pembentukan kabupaten ini.  Sehingga  secara administrasi  tidak mengganggu pemerintahan baik dari segi anggaran maupun kunjungan dan lainnya.


Bupati Agus  juga jelaskan kalau daerah ini lebih terkenal dengan nama Pasangkayu  secara  historia, karena  sejumlah nama instansi  baik pemerintah maupun swasta  memakai nama Pasangkayu seperti  Kejaksaan Negeri Pasangkayu, Polres Pasangkayu dan PT Pasangkayu, perusahaan sawit  dari Astra Agro Lestari (AAL).

Bupati  juga Berharap pada  Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-14  Kabupaten Matra,  sudah memakai Nama Kabupaten Pasangkayu.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.