Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, February 23, 2017

KesBangPol Sigi Gelar Sosialisai dan Pembentukan FPK

Baca Juga



KesbanPol Sigi adakan sosialisasi FPK
KesbanPol Sigi adakan sosialisasi FPK
Sigi - Sosialisai dan Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Sigi Periode 2017-2020 digelar di Wisma Karomah Kamis (23/02/2017). Kegiatan ini dilenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesBangPol) Kabupaten Sigi. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Sigi, Moh Basyir Lainge  mewakili Bupati Sigi, Kepala Badan Kesbangpol Sigi serta undangan lainnya.

Para  narasumber kegiatan sosialisai dan para perserta yang terdiri dari pemuka adat, ras suku, etnis serta tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Sigi. Dikesempatan ini, Bupati Sigi melalui, Setda Sigi, Moh Basir Lainge menyampaikan, kegiatan ini dilakukan guna memenuhi amanat  Permendagri no 3 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah serta telah berakhirnya masa bakti keanggotaan FPK Sigi untuk masa bhakti 2014-2017.

Untuk itu lanjut Moh Basir, kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat peran penting FPK sebagai wadah bagi setiap ras, suku budaya untuk berkonsultasi dan berkoordinasi terutama mencari solusi bilamana terjadi permasalahan - permasalahan maupun konflik di masyarakat. Bagi masyarakat Sigi yang heterogen, integrasi sosial yang kuat sangat diperlukan. Hal ini disebabkan kemajemukan itu memiliki potensi besar dapat memecah belah masyarakat sekaligus juga menjadi potensi bagi pembangunan masyarakat itu sendiri.

"Setelah terbentuknya FPK ini diharapkan dapat memfasilitasi tokoh-tokoh masyarakat lintas etnis untuk berkoordinasi, penyelarasan program kerja dan peran mereka didalam mendukung pemerintah dalam proses pelaksanaan pembangunan mewujudkan Kabupaten Sigi yang maju, mandiri berbasis ekonomi kerakyataan," harapnya.

Sementara,  ketua panitia penyelenggara, Roro Istanti, diawal acara menyampaikan, kegiatan ini bermaksud untuk menyamakan pengetahuan dan pemahaman bagi seluruh komponen masyarakat yang berlatar belakang ras, suku dan etnis yang berbeda serta memasyarakatkan program pembauran agar dapat dipahami dan di hayati oleh masyarakat secara luas.

" Adapun tujuannya adalah untuk menumbuhkan, memantapkan memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan di daerah serta membentuk kembali FPK Kabupaten Sigi 2017-2020," jelas Roro Istanti.
(kontribusi/Ardi/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.