Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, May 2, 2017

Peringati May Day, Buruh Perkebunan Sawit di Matra Lakukan Aksi Jalan Mundur?

Baca Juga

Buruh "Jalan Mundur" di Pasangkayu
Buruh "Jalan Mundur" di Pasangkayu
Pasangkayu  -  May Day yang dilakukan secara serentak, Senin (01/05/2017)  Mei 2017, dalam memperingati hari Buruh Internasional Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia(FSPMI) lakukan  aksi jalan mundur sepanjang  300 meter  lebih.

Aksi  jalan mundur untuk gambarkan “kemunduran” bagi nasib kaum pekerja ini digelar  dari depan kantor Bupati Mamuju Utara (Pasangkayu) hingga ke Bundaran Smart, Pasangkayu. Itu  dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Aksi dramatis  ini diikuti secara  serentak oleh buruh-buruh  perkebunan kelapa sawit yang tergabung  dalam FSPMI yang ada di kabupaten ini. Kemudian lakukan mimbar terbuka  di Bundaran Smart Pasangkayu menuntut  dan protes atas belum dicabutnya PP 78 Tahun 2015.

Ketua FSPMI Matra, Herman Yunus sampaikan, dengan aksi jalan mundur ini adalah bentuk lain untuk sampaikan aspirasi buruh kepada pemerintah.

"Pemerintah dalam hal ini gagal mensejahterahkan rakyat,  khususnya kaum buruh, karena belum di cabutnya PP Tahun 78 tahun 2015 yaitu hak berunding buruh terkait  dengan upah itu belum di cabut,”tegasnya.

Usai gelar mimbar terbuka tersebut, para  buruh perkebunan kelapa sawit dari berbagai buruh perusahaan  membubarkan diri. Aksi ini berjalan damai dan tenang.

(kontribusi Roy/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.