Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, June 15, 2017

Jurnalis Sesalkan Hearing “Kelambu” Dinas PU ke Komisi II DPRD Mamasa?

Baca Juga

Kantor DPRD Mamasa
Kantor DPRD Mamasa
Mamasa -  Dengar pendapat (hearing) Dinas Pekerjaan Umum ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (15/06/2017) yang tertutup bagi  jurnalis, timbulkan tanda tanya besar.  Karena hearing tersebut  bukanlah rapat internal dan konfidesial dan sangat rahasia.

Ketertutupan  hearing Komisi II DPRD terungkap saat, Rudolf Arnol dari SKU Tekab, H. Alwi dari Tabloid Warta Nusantara  dan M. Guntur dari Lentera Sulawesi  yang semula berada dalam ruang rapat  saat masih dalam suasana sharing  -- bincang-bincang lepas. Kemudian dipersilahkan keluar karena pihak yang mau di-hearing dari Dinas PU sudah datang. Alasannya dengar pendapat  ini sifatnya tertutup. Lalu, Ketua Komisi II, Yohanis Karatong, berjanji akan berikan keterangan kepada jurnalis setelah acara selesai. Namun yang bersangkutan menghilang saat hendak ditemui kembali.

Oleh jurnalis setempat, Kasianus Jehamin, hal  ini dinilai sebagai  ketidakterbukaan informasi publik. Menurutnya, hearing itu sifatnya bukan internal DPRD, hingga apa yang perlu ditutupi.  Kayak pengantin baru saja, harus dibiacarakan  dalam kelambu karena sifatnya sangat rahasia.

“Sejatinya, Komisi II, terbuka tentang apa yang di-hearing-kan ke Dinas PU. Kalau memang SKPD tersebut ada masalah, ya dibuka publik  biar masyarakat mengetahuinya. Kalau menyangkut penggunaan anggaran negara, tidak ada yang perlu dirahasiakan,” katus Kasianus.

Menurut  Kasianus pula, sejumlah jurnalis mencoba hubungi Ketua Komisi II tersebut di kediamannya, namun yang bersangkutan lagi tidur. Karena itu ia  berharap, agar beliau itu bersedia  jelaskan, apa yang di-hearing-kan dengan Dinas PU tersebut.

LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.