Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, May 24, 2018

In Memoriam Dra. Emiaty Limbong Lola (Bodo’ Kanan)

Baca Juga


Dra. Emiaty Limbong Lola
Dra. Emiaty Limbong Lola
Mamasa – Keluarga besar Rambusaratu, Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar),  berduka dan menitikkan air mata. Salah satu warga terbaik rumah adat Rambusaratu, Dra. Emiaty Limbong Lola yang akrab disapa Bodo’ Kanan, telah pergi  untuk selamanya.

Semasa hidup almarhumah dikenal sebagai sosok wanita yang baik, ramah dan penyayang pada siapa saja. Alumni Fakultas Sosial Politik (Sospol) Universitas Hasanuddin Makassar  ini, mudah berteman dan berkawan dengan berbagai kalangan, tidak terkecuali para kuli tinta yang bertandang ke Kabupaten Mamasa dalam laksanakan tugas peliputan.

“Dulu ayah saya, Kepala Desa Rambusaratu yang juga dikenal sebagai Parengnge, sangat senang dan suka kalau dikunjungi orang. Rumah adat kami di Rante, Rambusaratu, ramai dikunjungi orang dari berbagai kalangan, suku dan agama. Mereka-mereka itu telah dianggap keluarga. Kebiasaan itu menurun pula pada kami anak-anaknya,” kata Emiaty yang  lentersulawesi  ingat dari almarhumah.

Benar saja, rumah ukir almarhum di Pangkali, tidak pernah sunyi dikunjungi orang, baik itu keluarga maupun teman-teman dekat. Para jurnalis bisa berhari-hari di rumah almarhum, serasa seperti rumah sendiri.

“Denga kepergian Mama Roy  (sebutan untuk alamarhumah Dra. Emiaty, red.) kami betul-betul sangat kehilangan. Keluarga beliau, betul-betul telah menjadi saudara kami di Mamasa. Mama Roy  adalah saudara dan juga sekaligus orang tua kami bila di Mamasa,” tutur Jumran, jurnalis asal Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Dra  Emiaty Limboang Lola, lahir di Mamasa, 26 juni 1957  lalu. Suami dari almarhumah, Kasianus Jehamin adalah wartawan mingguan Media Bangsa.  Telah dikaruniahi anak anak,  Henderina Arruanbonga & Roizzel Octavianus Arruanbonga.

Dra Emiaty semasa hidup pernah jadi  Aparat Sipil Negara (ASN), pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah. Hingga akhir hayatnya,masih tercatat  sebagai salah satu Dewan Daerah Aliansi Masyrarat Adat Nusantara (AMAN) Mamasa.

Selamat  jalan, Emiaty Limbong Lola, Selamat  jalan saudara kami, orang tua kami yang tercinta.
LS


No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.