Cari di Blog Ini

Followers

Friday, September 22, 2017

DPD Wahdah Islamiyah Mamuju Selenggarakan Pemantapan Daurah Janaiz

Baca Juga

DPD Wahdah Islamiyah Mamuju pelatihan Daurah Janaiz
DPD Wahdah Islamiyah Mamuju pelatihan Daurah Janaiz
Mamuju – Sebagai upaya meningkatkan pemahaman kader dan simpatisan dalam penyelenggaraan jenazah, Departemen Sosial, Kesehatan dan Kehumasan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah (WI) Mamuju, Menggelar kegiatan daurah janaiz  (mengurus jenazah) yang dipusatkan di Masjid Al Ihsan Mamuju, Kamis (21/09/17). 

Ketua Depsoskeshum Wahdah Islamiyah Mamuju, Ashriadi, SKM. M.Kes, katakana,  lantaran masih ada diantara kader dan simpatisan Wahdah Islamiyah Mamuju belum  miliki  pengetahuan tentang tata cara mengurus jenazah dan belum pernah melakukan praktek langsung. Maka kegiatan ini dilaksanakan dengan model  teori dan praktek langsung.  Itu dibagi dalam dua sesi,  sesi  teori yang diisi dengan  pembahasan fiqih tentang jenazah dan sesi praktek mulai dari persiapan awal seperti menggunting kain kafan, tata cara memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan jenazah. 

“Ajaran Islam menganjurkan agar memperlakukan manusia setelah meninggal dengan sangat manusiawi, tidak serampangan memperlakukan jenazah, kita diharuskan memahami adab terhadap mayat, termasuk cara memandikan, mengkafani, mensalatkan hingga prosesi pemakaman itu semua ada tata caranya, bahkan adab terhadap keluarga yang ditinggalkan,” jelas Ashriadi

Lanjut  Ashriadi, pelatihan daurah  janaiz  ini diselenggarakan dalam rangka pembekalan sekaligus pembentukan Tim Penanggulangan Musibah (TPM Wahdah Mamuju), sebagai upaya mengambil peran dalam membantu kebutuhan ummat. Karena setiap da’i atau kader  Wahdah Islamiyah kedepan. WI dituntut ikut terlibat disemua lini dalam masalah sosial keummatan, sebagai kontribusi nyata dalam membantu ummat dan sinergi  dengan pemerintah di bidang sosial keAgamaan. 

Selama pelatihan peserta,  melakukan praktek secara langsung dengan menunjuk satu orang peserta yang berperan sebagai jenazah yang diselenggarakan. Diharapkan  dengan pelatihan ini akan semakin banyak ummat yang memahami tata cara menyelengarakan jenazah sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

(Humas Wahdah Islamiyah Mamuju/LS)  

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.