Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, February 6, 2018

Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Obyek Wisata Liawan

Baca Juga

Bupati Mamasa, Kadispar, Kapolres, Dandim Polmas di Liawan
Bupati Mamasa, Kadispar, Kapolres, Dandim Polmas di Liawan
Mamasa -  Bertempat di obyek wisata Air Terjun Liawan, Desa Tadisi, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Dinas Pariwisata (Dispar) laksanakan kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesonan, Sening (05/02/2018) dengan tema. Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata Tahun 2018.

Acara yang berlansung di tengah desiran air terjun dengan udara sejuk ini dibuka secara resmi Bupati Mamasa, Drs. H. Ramlan Badawi, MH. Turut hadir pula, Dandim Polmas, Kapolres Mamasa, pimpinan SKPD serta ratusan masyarakat peserta sadar wisata.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar), Agustina Toding, M.Pd, sampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari pembangunan kepariwisataan Mamasa sebagai destinasi wisata di Sulbar. Ini akan berkelanjutan dalam mewujudkan peningkatan berbagai obyek wisata di kabupaten berhawa sejuk ini.
Dipaparkan pula oleh Kadispar Agustina, kalau obyek wisata Liawan, adalah percontohan karena itu akan dibangun secara lengkap, mulai dari infrastruktur jalan hingga mengoptimalkan sarana pelengkap dalam lokasi obyek wisata tersebut.

"Pada lokasi air terjun Liawan, telah ada sarana pendukung seperti home stay dan aula, peningkatan jalan setapak dan kantin. Juga ke depannya akan dibangun jalan lansung ke obyek wisata, hingga roda empat dapat menjangkaunya, karena jalan yang ada masih terbatas, juga akan disiapkan kuliner khas Mamasa, serta akan dibangun rumah pohon," papar Agustina.
Sementara itu, Bupati Ramlan Badawi dalam sambutannya sampaikan terima kasih atas apresiasi masyarakat yang hadir dan berpartisipasi dalam acara ini, khusus kepada Dispar Mamasa, bupati berikan penghargaan atas terselenggaranya kegiatan sadar wisata ini.

Mengomentari obyek wisata air terjun Liawan, bupati katakan kalau memang belum optimal namun akan terus dibenahi. Karena Liawan ini adalah percontohan, serta ke depannya akan memiliki potensi besar dalam majukan wisata Mamasa.

"Kita berharap bila air terjun Liawan sudah terbangun dengan baik, turis-turis akan datang berwisata dan menginap di tempat ini. Karena di Mamasa luar biasa indah panorama alamnya, udaranya sejuk alami. Udara bersih dan sejuk di Mamasa ini tidak ada duanya. Itu akan jadi modal daerah ini majukan wisata."

Setelah pembagian staterkit dan alat tulis kepada peserta sadar wisata, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi kepariwisataan dari pemateri dari Makassar, serta Arianus Mandadung, salah seorang tokoh pariwisata Mamasa dan penulis budaya yang cukup ternama di daerah ini.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.