Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, May 23, 2018

PBB PT TIP Sementara diProses BAPENDA Pasangkayu?

Baca Juga

H. Abdul Wahid
H. Abdul Wahid

Pasangkayu -  PT Toskano Indah Pratama (TIP), salah satu pabrik pengolahan Crude Palm Oil (CPO) yang beralamat di Desa Kalola, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar). Sejak beroperasinya 2017 lalu, cukup kontroversi karena persoalan limbah buangan dan tidak memiliki kebun inti. Kini dalam proses perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) oleh Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) setempat.

Kepala BAPENDA Pasangkayu, H. Abdul Wahid  di ruang kerjanyanya, Rabu (23/05/2018), katakan kalau PT TIP adalah salah calon obyek pajak PBB. Sementara ini pihaknya lakukan pendataan untuk hitung PBB pabrik CPO tersebut.

“Tim kami sudah lakukan upaya pendataan terkait tanah dan bangunan PT Toskano (TIP, red.) untuk kami hitung PBB-nya. Untuk pabriknya. Kami gunakan tenaga ahli, sebab personil kami belum ada yang bisa hitung kalau bangunan pabrik,” tandas Abdul Wahid.

Saat bincang, Ka. BAPENDA Pasangkayu hubungi tim di lapangan, ternyata mereka cukup kesulitan dapatkan informasi secara detail terkait bagunan pabrik PT TIP. Pihak manajemen  pabrik CPO tersebut, selalu katakan akan hubungi Direktur Utama (Dirut) yang tidak ada di lokasi.

“Saya kira inilah kendala kami sehingga terlambat hitung PBB PT Toskano. Padahal sejatinya, sebagai calon obyek pajak, PT Toskano harus koperatif dengan kami, biar semuanya berjalan lancar, sesuai mekanisme dan aturan yang ada,” katanya.

Wahid juga uraikan kalau PBB dari perusahaan sekelas PT TIP tentu pajaknya tidak sama dengan masyarakat umum. Sebab ini adalah perusahaan waralaba dan sangat komersil, tentu pajanknya lebih besar.

Atas kesulitan yang dihadapi oleh tim Bapenda dalam hitung PBB PT TIP, Abdul Wahid, sarankan kepada calon obyek pajak  ini untuk terbuka dan kooperatif.  Memberi ruang yang luas pada pihak Bapenda untuk lakukan pendataan.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.