Cari di Blog Ini

Followers

Monday, August 6, 2018

Dana Desa Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Desa Bao Bao

Baca Juga


Husin
Husin
Konawe – Memanfaatkan penggunan Dana Desa (DDes) secara efektif untuk peningkatan infrastruktur , khussunya jalan. Secara lansung turut  mendukung aksebilitas masyarakat  terhadap pusat-pusat perekonomian, misalnya pasar. Sehingga dalam penyaluran produk masyarakat berupa hasil bumi dapat lebih baik dengan nilai yang tinggi. Itu akan bermuara pada pertumbuhan ekonomi.

Demikian halnya di Desa Bao Bao Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), DDes terprogram berdasarkan hasil rembukan pemerintah desa dan masyarakat. Itu kemudian prioritaskan pada infrastruktur dasar dalam bentuk jala, bronjong, drainase dan sumur bor. Ini diharapkan lebih prioritas dan menjadi kebutuhan masyarakat Desa Bao Bao.

Menurut Kepala Desa (Kades) Bao Bao, Husin, pemerintah sudah siapkan sarana dan prasarana untuk mendorong masyarakat berbuat dan mengembangkan ekonominya. Setelah itu terpenuhi pemerintah desa kemudian lakukan pemberdayaan secara optimal dengan pelatihan-pelatihan sesuai bidang kerja dari masyarakat tersebut.

Pembuatan sumur bor
Pembuatan sumur bor
“Bila sarana da prasarana sudah terpenuhi dengan baik, masyarakat aka semakin maju dan berkembang dalam jalankan usahaya. Misalnya dalam bidang perkebunan, bila jalan sudah bagus, hasilnya juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di sektor. Inilah salah tujuan pemanfaatan Dana Desa di Desa Bao Bao ini,” papar Kades Husin.

Dijelaskan secara detail oleh Kades Husin, untuk program  DDes, di desa dengan jumlah Kepala Keluarga (kk)  116 ini, programkan sumur  bor yang terletak di Dusun 2 dan 1. Ada juga pekerjaan bronjong sepanjang 70 meter  dengan volume 140 meter terletak di Dusun 2, pembuatan  drainase sepanjang 50 meter. Kemudian pembibitan  kelapa 580 pohon terletak didusun 1.2.3.

Selain semua perangkat desa, BPD dan masyarakat yang terlibat dalam palaksanaan DDes ini, Kades sebagai penanggungjawab, juga dibantu TPK, Hasruddin, S.Sosdan  Bendahara Desa, Ismaryani.
(Asdin/LS)


No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.