Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, September 12, 2018

Dari Kocek Anggaran Desa Rp. 15 Juta, 32 dari 59 Desa di Pasangkayu Miliki Website Sendiri?

Baca Juga


Budiman Jaya
Budiman Jaya
PASANGKAYU, lenterasulawesi - Meskipun tidak semua desa di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar) terjangkau  jaringan internet, namun 32 dari 59 desa yang ada di daerah ini telah berkomitmen dengan pihak Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Mitra Edukasi  untuk pembuatan website. Sebuah lembaga pendidikan yang beralamat Jl. Hertasning Timur No.3B. Makassar, Sulawesi Selatan dan Jl. Topaz, kawasan Panakkukang Exclusive Business, Ruko Zamrud Blok D9. Makassar, Sulawesi Selatan, seperti  dilansir dari website lembaga ini https://suara.m-edukasi.com

Untuk pembuatan website desa tersebut, 32 Pemerintah Desa (Pemdes) di Pasangkayu ini harus rogok kocek dari  Dana Desa (DDes) sebesar  Rp. 15 juta untuk membiayai segala  tetekbenget  pembuatan fasilitas  publishing tersebut.

Informasi yang dihimpun wartawan dari pihak  LPP Mitra Edukasi, penawaran kontrak kerjasama  dengan Pemdes   ini besarannya  Rp.15 juta per Desa. Dari penawaran kontrak yang diajukan ini semua dipenuhi oleh 32 desa.

Adapun Rencana Anggaran Biaya Penyusunan Profil dan Web Desa di Kab. Pasangkayu, meliputi: Satu, Honor panitia pelaksana,  Ketua 1 orang  Rp. 350 ribu, Sekretaris 1 orang Rp. 300 ribu, Anggota 2 orang Rp. 500 ribu.  Dua,  Penyusunan profil  Desa  a. Pengambilan Data/Gambar - Tenaga lapangan (2 orang X 1 minggu 1 juta X 2 = 2 juta B. Tabulasi Data Profil - Tenaga ahli tabulasi (2 orang X 5 hari) Rp. 1,5 juta C. Pembuatan profil dalam bentuk video.  Pengeditan gambar dan audio (1 orang X 7 hari) Rp. 1 juta 50 ribu III. Pembuatan Website -Pembuatan template Web 1 unit Rp.2 juta 500 ribu -Pelatihan operator web dari desa Rp. 2 juta -Protes input data ke web 1 paket Rp. 1 juta 300 ribu -Sewa hosting selama 1 tahun Rp. 250 ribu -Bayar domain 1 unit Rp. 500 ribu -Bayar maintenance selama 1 tahun Rp. 1 juta 750 ribu, jumlah keseluruhan Rp. 15 juta.

Pihak LLP Mitra Edukasi Indonesia  memberi penjelasan tentang kontrak kerjasamanya, dihadapan beberapa awak media. Ketua LPP Mitra Edukasi Indonesia, Budiman Jaya A. Ashari katakan, bahwa anggaran senilai Rp. 15 juta itu terdiri dari beberapa kegiatan yang kami lakukan di dalam termasuk pengelolaan dan pembuatan sejumlah website.

"Dari anggaran Rp. 15 juta tersebut semua jelas rincian yang terserah di Rencana Anggaran Biaya (RAB) yakni pembuatan Template web/portal, vidio profile, buku profile desa dan biaya lain-lain,"  terangnya.

Sebelumnya dijelaskan pula oleh Budiman bahwa  pihaknya  telah menghadap ke Bupati Pasangkayu untuk meminta izin melakukan sosialisasi kepada setiap kepala Desa yang ada didaerah ini.

"Setelah mendapat respon dari Bupati, maka kami turun survey dan melakukan Sosialisasi ke Desa - desa yang ada di Kabupaten Pasangkayu untuk memberi pemahaman kegiatan yang akan kami laksanakan," ungkap Budiman saat  ditemui dikantor cabangnya , Palu,  Senin (10/09/2018).

Lebih lanjut, Budiman katakan, baru 32 desa  menginginkan kegiatan ini terlaksana dan telah membuat Memorandum of Undertanding (MOU) dengan pihaknya. Juga masih ada sekitar 20 desa  yang belum membayar  setengah.  

"Walaupun baru sekitar 20 Desa membayar setengah dari kontrak tersebut, tetap kami lakukan sosialisasi, jika (sosialisasi - red) agak mandek di desa, maka akan dilanjutkan di daerah Palu (Sulteng) serta mengundang Kepala Desa dalam pelatihan pembuatan website. Pendampingan akan berjalan selama 1 tahun,"  jelasnya.

Menurut  Budiman pula, pihaknya bijaksana menunggu pencairan sehingga. Rp. 15 juta belum sepenuhnya dilunasi oleh desa yang telah membuat MoU. Sekarang ini baru satu desa yang telah selesai websitenya, yaitu Desa Parabu, karena telah membayar lunas.


Menurutnya Budiman, LPP Mitra Edukasi Indonesia, telah dipanggil oleh Komisi 1 DPRD Pasangkayu dan Polres Matra terkait dengan pemberitaan sebelumnya dan kami telah menjelaskan ke pihak terkait. "Terkait pemberitaan sebelumnya telah kami sampaikan ke DPRD dan Polres Matra,"  ucapnya.
(Roy/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.