Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, November 1, 2018

Ombudsman Sarankan Perbaikan Layanan Publik di Desa dan Himbau Warga Berani Lapor

Baca Juga

Sosialisasi Saber Pungli bagi Kepala Desa di Kabupaten Majene
Sosialisasi Saber Pungli bagi Kepala Desa di Kabupaten Majene


MAJENE, lenterasulawesi - Sejumlah kepala Desa lingkup Pemerintah Kabupaten  Majene mengikuti kegiatan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (saber pungli) yang dipusatkan diruang pola Kantor Bupati Majene, Selasa (30/10/2018) lalu.

Kegiatan ini adalah upaya pencegahan yang dilaksanakan oleh Satgas Saber Pungli Provinsi Sulawesi Barat terdiri dari Polda Sulbar, Inspektorat Provinsi Sulbar dan Ombudsman RI Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan (Kaper) Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar. mengatakan kegiatan hari ini merupakan upaya preventif untuk mencegah pungli, lukman juga menegaskan masalah pungli yang telah menjadi budaya pada sebagian komunitas masyarakat tidak cukup hanya dengan perbaikan sistem tapi perlu upaya penindakan yang tegas dan konsisten.

“Kegiatan ini sebagai langkah pencegahan agar semua unit penyelenggara pelayanan publik harus berhati-hati dan tidak lagi berfikir untuk melakukan pungutan diluar ketentuan. Jangan sampai ada yang tertangkap tangan melakukan pungli karena tim saber pungli pasti akan tegas menindak," ucap Lukman

Kaper Ombudsman Sulbar ini juga berharap agar Pemerintah Desa konsen terhadap perbaikan pelayanan publik kepada masyarakat, selain itu warga juga dihimbau tetap pro aktif melaporkan tindakan pungli dan maladministrasi pelayanan publik.

Pada akhirnya, Lukman simpulkan, hampir dipastikan akar dari semua masalah korupsi selalu diawali dengan adanya tindakan maladministrasi, olehnya warga dihimbau berani melapor jika menemukan tindakan maladministrasi pelayanan publik, baik dalam pengurusan KTP, SIM, Perijinan dan administrasi lainnya.
(HMS OMBUDSMAN RI SULBAR/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.