Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, December 18, 2019

Polsek Tompo Bulu Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Kamtibmas

Baca Juga

IPTU SYAHARUDDIN, SH, Kapolsek Tompo Bulu  (dok: Andi Syamsu)
IPTU SYAHARUDDIN, SH, Kapolsek Tompo Bulu  (dok: Andi Syamsu)

MAROS, LENTERASULAWESI - Keamanan dan Ketertiban Dalam Masyarakat (Kamtibmas) adalah  kebutuhan bagi semua masyarakat.  Dalam menjaga kamtibmas, selain kedepankan Kepolisian, peran serta masyarakat dan pemerintah menjadi penunjang utama.  Jika ini dapat didicapai, keamanan dan ketertiban di masyarakat dapat terwujud dan terselenggara dengan baik.

Dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, tentram dan damai di masyarakat, Polri selalu mendorong dan menggadeng bersama sama segenap masyarakat dan pemerintah dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah tengah masyarakat.

Demikian halnya dalam wilayah hukum Kepolisian Sektor (Polsek) Tompo Bulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), peranserta masyarakat setempat dalam pencipataan iklim kondusif  dalam Kamtibmas senantiasa terjalin baik dengan unsur kepolisian.

Menurut Kapolsek Tompo Bulu, Iptu Syaharuddin, SH, secara sederhana, pelibatan masyarakat dalam Kamtibmas itu terjali berkat komunikasi yang dijalin dengan baik. “Kami adalah polisi masyarakat, maka kami hadir dan membaur di tengah-tengah masyar kat untuk memberi pelayanan dan menciptakan iklim kondusif dalam kamtibmas. Kami juga senantiasa berkomunikasi dengan masyarakat  membicarakan hal-hal yang terkait Kamtimbas. Juga mendengarkan keluh kesah masyarakat terkait hal ini. Itu untuk memudahkan kami dalam bertindak dan bekerja sebabai pelindung dan pengayom masyarakat,” papar Iptu Syaharuddin.

Kapolsek Syaharuddin menilai, masyarakat  Tompo Bulu cukup memiliki kesadaran hukum yang baik. Ini tentunya berdampat baik dalam mencipatkanan iklim Kamtibmas yang lebih kondusif. Dengan demikian masyarakat dapat menjalankan aktvitas sehari-hari dalam mencari penghidupan yang layak.

Sementara itu, pembinan secara internal  dalam lingkup Polsek Tompo Bulu, Kapolsek  Syaharuddin senantiasa terapkan kedisiplinan kepada personil Polsek. Senantiasa menempatkan diri dengan baik di tengah-tengah masyarakat serta menjadi pengayom dan pelindung masyarakat dalam bidang kamtibmas. Juga menjadi bagian dari penegakan hukum dan aturan yang ada.  

Disampaikan pula oleh Kapolsek, bahwa wilayah hokum Polsek Tompo Bulu terdiri dari 8 desa, masing-masing, Desa Toddolimae, Tompo Bulu, Benteng Gaja, Pucak,  Bonto Tinggi, Bonto Manurung, Desa Somba. Mayoritas masyarakatnya menggantungkan hidup dengan pencaharian di bidang pertanian.
(Andi Syamsu Alam/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.