Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, February 18, 2020

Sosok H Malkan Amin Yang Fenomenal Di Kabupaten Barru

Baca Juga


H. Malkan Amin di tengah pendukungnya   (foto: @elevenfrog)
H. Malkan Amin di tengah pendukungnya   (foto: @elevenfrog)

BARRU, LENTERASULAWESI – H. Malkan Amin, adalah tokoh masyarakat dan politisi  yang fenomenal di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia sebelumnya dikenal sebagai kader  Partai Golongan Karya (Golkar). Namun pada Januari 2013 silam , H. Malkan  secara resmi mengundurkan diri dari partai berlambang beringin tersebut. Otomatis ia pun juga melepas kursinya sebagai anggota DPR RI.

Namun ternyata,  hal itu hanyalah loncatan  bagi  H. Malkan untuk melakukan perubahan besar di dunia politik. Selepasnya ia dari Partai Golkar, ia bergabung dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Gitegaskannya, bahwa  kepindahan dirinya  dari partai Golkar  bukan karena  ia bermasalah di partai  itu. Namun lebih karena visi dan misi partai Nasdem besutan Surya Paloh inilah yang menjadi pemicu dirinya untuk bergabung.

H. Malkan Amin,  termasuk salah seorang politisi kawakan yang berasal dari Indonesia Timur. Lahir pada 11 Agustus 1948, Malkan  juga mantan Wakil Sekjen DPP Partai Golkar yang pernah menjabat selama dua periode, 1999 - 2004 dan 2004 - 2009.

Sebelumnya  pada periode 1999-2005, Malkan Amin  menjabat sebagai Bendahara Umum DPD Golkar untuk Sulawesi Selatan. Ia juga aktif dalam beberapa organisasi yang bergerak dalam bidang politik. Pada 1983-1989, dipercaya menjabat Sekretaris Umum BPD GAPENSI Sulawesi Selatan. Di tengah masa jabatan tersebut, Malkan Amin diangkat sebagai Ketua Kompartemen Kadin Sulawesi Selatan.

Jabatan sebagai Sekjen BPP GAPENSI Jakarta juga sempat dilakoni selama periode 1992-1998. Dalam waktu yang bersamaan, tepatnya periode 1993-1997, Amin kembali  memangkuh  kepercayaan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Kadin. Memasuki 2002-2008, bapak 4 anak ini bertindak selaku Ketua Umum DPP GAPEKSINDO Jakarta sekaligus menjabat sebagai anggota Penasehat DPP AMPI Jakarta dan anggota Dewan LPJK-N Jakarta sebelum akhirnya dilantik sebagai Ketua Umum pada 2007-2010.

Malkan  Amin dalam riwayat kependidikannya,  memperoleh  gelar Sarjana Muda Publisistik dari Fakultas Sosial Politik, Universitas Hasanuddin Makasar, sejak masih muda ia sudah menggemari politik termasuk segala macam bentuk keorganisasian selama masa hidupnya. Kecintaan ini bisa dibuktikan dari beberapa jabatan penting yang pernah disandang sepanjang karir politik bahkan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Sosok Malkan Amin juga dikenal  juga sebagai salah satu dari deretan pengusaha sukses di Indonesia. Ia menjabat sebagai Direktur PT. Mustika Biru Jakarta dilanjutkan Direktur PT. Wastika Colas Jakarta. Politisi kelahiran kota Barru Sulawesi Selatan ini merangkap jabatan sebagai anggota MPR RI hingga ketiga jabatan puncak tersebut sama-sama berakhir pada 1999. Juga pernah  memangku  jabatan sebagai anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar. Malkan  Amin  hingga kini masih dikenal sebagai  politisi  dan pengusaha sukses.

Hingga  profil diunggah, H. Malkan Amin tercatat aktif menjabat  sebagai Komisaris Utama PT. Bukaka Teknik Utama Tbk Jakarta dan Ketua Dewan Pertimbangan DPP GAPEKSINO Jakarta.
(one2/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.