Cari di Blog Ini

Followers

Saturday, July 18, 2020

Kunker Dan Studi Tiru Udang Vaname Bupati Bolaang Mongondow Utara Ke Pasangkayu

Baca Juga

Blmongut-2
Kunker dan studi tiru udang vaname  Bupati Bolaang Mongondow Utara ke Pasangkayu

PASANGKAYU, LENTERASULAWESI – Bertepatan dengan  hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020,  sekitar pukul 10.00 Wita, rombongan Bupati Bolaang Mongondow  Utara, Sulawesi Utara,  yang terdiri dari Bupati  Drs. Hi. Depri Pontoh, Wakil Bupati, Suriansyah Korompot, S. H, Sekda, Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, Ketua TP PKK, Dra. Hj Ainun Pontoh Talibo, Ketua DWP,  Ny. Hj. Fitriana Nani Buhang berserta sejumlah  Pimpinan OPD Bolaang Mongondow. Rombongan ini  laksanakan Kunjungan Kerja (Kunker)  dan studi tiru udang vaname di Kabupaten  Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Bolmongut-3

Menyambut rombongan  Bupati  Bolaang Mongondow Utara  tersebut, selain Bupati Pasangkayu, Ir. H. Agus Ambo Djiwa MP, hadir pula Wakil Bupati Kab. Pasangkayu Drs. H. Muh. Saal, Sekda Pasangkayu,  Firman SP, Ketua DPRD Pasangkayu,  H. Alwiyati  Saal, Ketua Pengadilan Pasangkayu,  I.G.N. A Aryanta Era W, SH.MH, Asisten I Pasangkayu,  Abd. Wahid, Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf. Kadir Tangdiesak, S. Ag, M.M, M. I.Pol, Kabag Ops. Polres Pasangkayu,  AKP Iswan Mulyanto Serta sejumlah  Pimpinan OPD Kabupaten Pasangkayu.

Manyambut  rombongan Bupati Bolaang Mongondow  Utara yang tiba di rujab Bupati  Pasangkayu, rombongan disambut  dengan tarian Nawajiwa kemudian dilanjutkan pengalungan  sarung dari  Bupati  Pasangkayu ke Bupati Bolaang Mongondow Utara.

Dalam sepatakatanya, Bupati Pasangkayu sampaikan, Pasangkayu merupakan daerah pemekaran dari  Kabupaten Mamuju, sebelumnya masih tergabung dengan  Provinsi Sulawesi  Selatan (Sulsel), kini jadi Sulbar.

Blmongut-1

“Hasil  bumi  Pasangkayu  sebelumnya adalah  kopra, itu  sebelum masuknya sawit di kabupaten ini.  Kini, alhamdulillah masyarakat  Pasangkayu sudah bahagia dengan masuknya perusahaan  sawit. Juga  kita bersyukur  daerah  kita ini sudah di kunjungi  oleh bapak  Presiden Joko Widodo dan Menteri  Kelautan dan Perikanan,” papar Agus.

Selanjutnya, Bupati Pasangkayu sampaikan terimakasih  kepada Bupati Bolaang Mongondow Utara beserta rombongan yang menyempatkan  diri untuk melakukan kunjungan di  Pasangkayu walau dalam di masa  pandemi  ini. Bupati Pasangkayu juga, Insya Allah akan lakukan kunjungan kembali  ke Bolaang Mongondow Utara.

Sementara itu,  Bupati Bolaang Mongondow Utara dalam sambutannya sampaikan  rasa  syukur dan uraikan bahwa perjalanan dari  Bolaang Mongondow Utara ke Kabupaten Pasangkayu memang sudah rencanakan dari awal. Itu sejak kunjungan menteri ke Pasangkayu.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan seluruh jajaran serta masyarakat saya ucapkan terima kasih banyak Pak Bupati  beserta ibu serta  seluruh jajaran  forum koordinasi pimpinan daerah yang sudah menerima kami,” kata Bupati Bolaang Mangondow Utara

Bupati Bolaang Mongondow Utara juga sampaikan bahwa kerja sama yang akan terjalin berkaitan dengan pengembangan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam,  termasuk pengembangan perikanan dan kelautan peternakan pertanian dan perkebunan

Tentag budidaya udang vaname, Bupati Bolaang Mongondow Utara katakan kalau potensi ini dimiliki oleh kabupatennya. Menurutnya, sekitar 62 desa berpotensi, itu ada daerah pesisir.  

“Itu yang harus diperhatikan karena masyarakat  nelayan kami di sana masih butuh support,  masih butuh bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Kami  turun Ini,  mau belajar  atau studi tiru walaupun hanya  singkat, tetapi setidaknya kami ada bahan ada modal untuk sampaikan ke masyarakat,” kata Bupati  Depri Pontoh.

Usai diterimah di Rujab Bupati Pasangkayu, rombongan  Bupati  Bolaang Mongondow  utara menuju  PT. Randomayang Tambak Lestari Dusun Salanggaluku,  Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu untuk melakukan survey  di  lokasi kolam tambak budidaya udang vaname tersebut. Kemudian dilanjutkan menuju lokasi tambak  budidaya udang vaname milik PT. Manakarra Sakti Abadi di Desa Sarjo,  Kecamatan Sarjo

(R. Adding Marulu/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.