Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, December 8, 2015

Ishak Ingatkan, Kuku dan Penggelembungan Suara Perlu diWaspadai?

Baca Juga

Ishak Ibrahim, Ketua KPU Matra
Mamuju Utara – Tindaklanjuti  surat  dari Pasangan Calon (Paslon) Abdullah Rasyid dan Marigun Rasyid (AMar) untuk efektifnya pengawasan demi  suksesnya Pilkada yang akan dilaksanakan di Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Matra melakukan sosialisasi pengawasan bersama dalam pencoblosan di TPS  kepada saksi AMAR.

 Kegiatan untuk  memanilisir  kecurangan di TPS ini berlansung  di Hotel Mutiara,  Pasangkayu, Senin (07/12-2015), yang dihadiri  Ketua KPU, Ishak Ibrahim,SH,  anggota  komisioner KPU Matra, HarlyWood Suly Jr, tim pemenangan  Paslon AMar, saksi-saksi serta masyarakat dan simpatisan.

Kepada awak media, Ketua KPU Kab Matra jelaskan ada  beberapa cara untuk menghindari dan mematahkan  trik  yang dilakukan oknum yang ingin rugikan salah-satu  Paslon saat pencoblosan.

"Sebelum dilakukan pencoblosan, mari kita sama-sama memeriksa  peti kotak  suara, kuku,  cincin serta beberapa alat yang bersangkutan saat menghitung  kertas suara, serta memeriksa dengan teliti perhitungan suara. Ini mencegah adanya  celah  kecurangan,”  terang Ishak.

Selain itu, Ishak juga menjelaskan bahwa segala sesuatu bisa saja terjadi di hari pencoblosan. Makanya,  penting  pemahaman untuk mengantisipasi persoalan-persolan yang ada. Selain itu, Ishak juga meminta kepada yang belum mendapatkan surat panggilan,  segera mendatangi  kantor KPPS untuk melaporkannya.

Ia juga, ingatkan  perlunya dilakukan pengawasan ketat  terhadap kemungkinan penggelembungan suara yang bisa saja terjadi pada hari pencoblosan.

Ishak juga nilai positif  ide Paslon AMar yang menyurat secara resmi kepada KPU hingga  kegiatan untuk ciptakan Pilkada yang bersih dan jujur dapat terlaksana.

"Saya berharap agar seluruh Paslon memasukkan surat, meminta kepada kami di KPU untuk melakukan sosialisasi pencegahan kecurangan di TPS, Karena ini bagian dari program KPU. Dan perlu diketahui, hingga saat ini baru Tim dari Paslon AMAR yang memasukkan surat dan mengusulkan kegiatan ini," tandasnya.

(Ed/ls)


No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.