Cari di Blog Ini

Followers

Friday, January 22, 2016

Drainase Buruk, Pasangkayu Genangan Air

Baca Juga


Warga Pasangkayu terobos genangan air di jalan raya                  (foto: Ardi J)


Rahmad As'ad: Dibuat Kayak Tambak Saja?

Mamuju Utara - Genangan air disaat hujan akibat buruknya pembangunan drainase di jantung kota Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara ( Matra), Sulawesi Barat (Sulbar) tak hanya memicu sejumlah warga berkicau di Media Sosial (Medsos) namun juga mendapat kritikan tajam dari LSM.

Seperti disampaikan DPD LIRA Matra, Abd Rahman, As'ad, pembangunan drainase  kota Pasangkayu yang menelan anggaran hingga miliaran rupiah ini tidak berfungsi layaknya saluran pembuangan yang dapat memberi solusi terhadap genangan air.

Seperti terlihat di jalan reformasi, darainase yang hampir selebar jalan itu tak mampuh jadi saluran pembuangan saat hujan turun, bagaimana tidak, kata Rahman, pembangunan tersebut didesign layaknya pembuatan tambak dimana ujungnya tidak sampai ke saluran pembuangan induk belum lagi drainase lebih tinggi dari badan jalan.

"Seperti design layaknya pembangunan tambak dimana ujung drainase tidak sampai ke pembuangan induk belum lagi drainasenya lebih tinggi dari badan jalan, jadi bagaimana mungkin memberi solusi dari genangan air hujan karna tidak mungkin air mau mengalir keatas," ungkapnya sembari mengamati genangan air yang masuk ke rumah warga di Pasangkayu,  Jumat  (22/01/2016).

Ini lanjutnya, berawal dari konsep pembuatan strategi pembangunan Matra yang dituangkan dalam bentuk RPJP dan RPJM bersama DPRD Matra yang lupa mempertimbangkan asas manfaat dan kegunaan berdasarkan juknis Pepres 54 dimana disetiap pengelola uang rakyat harus mempertimbangkan itu.

Olehnya ia berharap Pemerintah daerah harus secepatnya memberi solusi atas genangan ini sebelum berakibat petaka bagi masyarakat khususnya di daerah genangan dan salah satu yang harus dilakukan adalah menyambung ujung drainase ke pembuangan induk agar genangan disepanjang pemukiman dapat terbuang ke laut.

(Ardi J)


No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.