Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, March 3, 2016

Kementerian Dikbud Resmikan, Rumah Adat Ngata Toro di Sigi

Baca Juga

Peresmian rumah adat Ngata Toro    (foto: Ardi J)
Sigi Biromaru -  Tepatnya, Sabtu 27 Februari 2016 lalu, rumah adat di Ngata atau Desa Toro, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, diresmikan oleh pihak yang mewakili Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Gubernur Sulteng, dan Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos,M.Si, sebagai tuan rumah. 

Menurut, Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos,M.Si, Sebagai masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal, pembangunan rumah adat Ngata Toro sudah sangat tepat dilakukan  dimana pembangunan tersebut merupakan salah satu kegiatan dan wadah untuk menjalin dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bermasyarakat.

Diera globalisasi ini kata Bupati Irwan, semua perubahan segala lini kehidupan telah dirasakan khususnya dikalangan masyarakat atau generasi pelanjut sebagai pelaku dari sejarah dan budaya itu sendiri yang dewasa ini terbawa arus budaya yang samakin moderen sehingga sering melupakan warisan budaya para orang orang tua yang penuh dengan nilai nilai dan maknanya. 

"Saya sangat setuju atas apa yang dilakukan hari ini sebab tiada lain adalah untuk melestarikan budaya tradisional yang diwujudkan dengan penanganan rumah adat agar tidak tersisi dan punah serta dapat kembali membangkitkan dan mengajak generasi muda kita untuk tidak malu atau enggan terhadap Budaya nya sendiri, ungkap Bupati Moh Irwan. 
  
Sementara  itu, Anreas lagimpu, mewakili lembaga adat menyampaikan, eksistensi kelembagaan masyarakat adat di Ngata Toro terus berjalan dimana kelembagaan ini juga menjadi mitra strategis pemerintah desa dalam menjaga tertib sosial di Desa tersebut. 

"Faktanya, semua perkara dan sengketa apa saja dalam masyarakat semasih dalam batas kewenangan masyarakat adat itu akan diselesaikan oleh lembaga adat," jelasnya.

(Ardi J)


No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.