Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, July 31, 2016

Mangisi Sisa Usia, H Aziz Yambu Bangun Pondok Pesantren

Baca Juga

H Azis Yambu
H Azis Yambu
Mamuju Utara - H. Abdul Azis Yambu, salah satu tokoh di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) yang sangat familiar. Selain sebagai Tokoh panutan di daerahnya, ia juga adalah salah satu pelaku sejarah terbentuknya Kabupaten Mamuju Utara (Matra), dengan kata lain bahwa H.Azis Yambu juga memiliki andil yang besar di Kabupaten paling ujung Utara Sulawesi Barat ini. 

Setelah sekian lama berkecimpun di dunia politik dan sejumlah organisasi  kemasyarakatan, H. Abdul Azis Yambu putar kemudi. Puluhan hektar lahan tidur miliknya ia garap bersama keluarganya. Alhasil, sekira 3000 pohon kelapa sawit diatas lahan 20 hektar telah produktif dan cukup membuahkan hasil. 

Meski demikian tak cukup jika tak berinvestasi untuk kehidupan akhiratnya sehingga seiring dengan bergulirnya waktu, usianya juga telah beranjak ke- 64 tahun. H. Azis Yambu  berkeinginan membangun pondok pesantren di desa kelahirannya, Desa Bambaira, Kecamatan Bambalamotu.

Pria kelahiran 1952 ini menuturkan, keinginan membangun pondok pesantren tersebut terbetik secara tiba-tiba. "Ya, mungkin itulah hidayah," katanya. Ia mengakui, saat ini telah memulai rencana itu dengan memulai peletakan batu pertama di atas areal lokasi seluas 2 Hektar. Bahkan musollah untuk fasilitas ibadahnya sudah terhitung rampung.

Tak hanya itu, hajat mulia yang sementara berjalan ini juga telah dikomunikasikan sebelumnya kepada sejumlah pimpinan pondok pesantren yang berasal dari Kota Palu Sulawesi Tengah dan Alhamdulillah mendapat respon positif bahkan untuk para tenaga pengajar dari sejumlah pondok pesantren itu siap untuk di tempatkan di pesantren H. Azis Yambu yang akan diberi nama Al-Azis.

"Pondasi sudah bangun di areal lokasi seluas 2 hektar bahkan musollah nya telah rampung dan rencana ini kami sudah sampaikan ke sejumlah pimpinan pondok pesantren di Palu Alhamdulillah mereka siap bantu khususnya untuk para pemgajar nantinya," tutur kakak kandung Aksan Yambu anggota DPRD Matra yang sudah menjabat tiga periode ini.

Dalam perbincangan lepas sekira 3 jam di areal lahan sawitnya itu, Azis Yambu banyak menuturkan tentang persiapan pembangunan dan pengembangan pesantren. Termasuk menyiapkan lahan 100 hektar untuk menghidupi para santri dan tenaga pengajar nantinya.

Menutup perbincangan, H. Azis Yambu menjelaskan, pesantren Al-Azis yang akan dibangun ini dikhususkan untuk hapiz Al-Quran dimana menurutnya untuk kbali menghidupkan pemahaman terhadap Al-Quran yang dimana kian hari kian terkikis. " Pesantren yang akan kita bangun ini hanya di khususkan untuk Al-Quran saja," tutupnya.

(Ardi/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.