Cari di Blog Ini

Followers

Monday, September 5, 2016

Awesome Negeri di Atas Awan, Lolai

Baca Juga



Lolai  (foto: Tiny Cans)
Lolai  (foto: Tiny Cans)
Toraja Utara - Dari ketinggian  1300 meter dari permukaan laut  (mdpl), bisa kita saksikan lukisan yang  kuasa  pada  kanvas gunung-gunung menjulang menuju  langit. Itulah  negeri  di atas awan Kampung Lolai, Kecamatan Kapalapitu. Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Keindahan ‘negeri di atas awan” Lolai  karena  awan-awan berarak, apalagi pagi  hari, terlihat  dengan  jelas dari gugusan gunung-gunung di sekitarnya.
Hingga hamparan awan yang terlihat lebih rendah dari puncak,  seolah berada negeri di atas awan.

Arakan  awan putih yang disaksikan dari puncak dan lereng Gunung Lolai, pagi  hari  dihiasi pancaran  sinar  matahari  dari  balik awan menimbulkaan lanskap  alam  yang sangat  indah. Makin tinggi matahari, makin memudar lalu hilang kemudian, muncul  keesokan harinya untuk memanjakan  mata kita dan memuji kebesaran yang kuasa.

Bila  berkunjung ke Lolai, di sana sudah tersedia  beberapa rumah tongkonan, rumah khas  warga setempat. Berada di sekitar puncak Lolai. Deretan rumah  tongkonan di kampung ini dinamai Tongkonan Lempe.


“Pada teras rumah  Tongkonan  bisa ditempati pengunjung bersantai sambil memuaskan diri menikmati  hamparan awan putih bersama segelas kopi Toraja yang disajikan warga  penghuni rumah Tongkonan tersebut.” Begitu tulis tribunnews.com

Ditulis pula oleh  tribunnews.com bahwa  rumah  tongkonan milik warga kampung itu juga bisa disewa sebagai homestay wisatawan. Belum ada tarif khusus yang diatur karena Kampung Lolai “di atas awan” ini belum dikelola langsung pemerintah setempat. Sewa rumah untuk menginap di kampung tersebut berdasarkan nego dan kesepakatan saja antar pengunjung dengan pemilik rumah. Biaya parkir dan jasa lainnya pun belum diberlakukan di kampung yang sejuk dan asri ini.

Tetapi  bagi  pengunjung gemar anventure,  bisa mendirikan tenda di puncak Lolai.  Bermalam di tempat, itu bila tak ingin  melewatkan suasana siang dan malam di “negeri di atas awan” yang sungguh menakjubkan.
LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.