Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, October 4, 2016

Warga Malei Bakal Nikmati Air Bersih

Baca Juga



Majidi
Majidi
Mamuju Utara – Desa Malei berada dalam lintasan 8 kilometer (km) jalan poros trans-Sulawesi di Kecematan Pedongga, Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar). Memiliki jumlah dusun 4 dengan jumlah warga 347 Kepala Keluarga (KK)  dengan jumlah jiwa 1509 orang. Mayoritas penduduk pencahariannya dengan menjadi  petambak dan berkebun sawit. Untuk tahun 2016 ini mendapatkan kucuran Dana Desa kurang lebih Rp 600 juta.   

Menurut Kepala Desa (Kades) Malei, Majidi, S.Pdi,  Senin (03/10/2016), prioritas dalam penggunaan Dana Desa (DDes) adalah  peningkatan  jalan tani atau jalan kebun  sebanyak dua titik dengan masing-masing 1 km dan peningkatan sarana air bersih. Kemudian untuk bidang pemberdayaan adalah  peningkatan SDM  aparat desa dengan pelatihan Simda.

“Untuk sarana air bersih ini, kami tingkatkan sarana dan parasarana air bersih yang sebelumnya telah ada  dari kegiatan PNPM namun belum optimal  dirasakan masyarakat. Karena itu dengan Dana Desa (DDes)  tahun 2016  ini kami programkan lagi, hingga dua 3 dusun dapat menikmati air bersih,” kata Kades Majidi.

Kades Majidi  juga katakan  bahwa di desanya, walaupun kecil namun memiliki potensi  tambak yang cukup menjanjikan. Karena desa yang merupakan pemekeran dari Desa Batu Oge oge ini memiliki areal tambak hingga 200 hektar  lebih. Ini tentunya memiliki arti penting bagi pengembangan udang vaname yang  menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Matra untuk menjadi kabupaten dengan ikon udang  kualitas  eksport  tersebut.

Majidi yakin, dengan adanya DDes  dari pemerintah pusat  ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Malei akan bekerrja secara optimal memajukan infastruktur desa  yang mendukung potensi alam tersebut. Juga  memberi  stimulasi  pemberdayaan kepada masyarakat  lewat DDes tersebut. Hingga ke depan masyarakat Desa Malei akan lebih maju dan sejahtera.

  LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.