Cari di Blog Ini

Followers

Friday, November 18, 2016

Bappeda Matra Rapat Kordinasi Dengan Koperindag Terkait Penajaman Program Unggulan "Desa OVOE" dan "Bangsa Dewa"

Baca Juga



Rapat koordinasi penajaman program OVOE dan Bangsa Desa (foto: fb Bappeda Mamuju Utara)
Rapat koordinasi penajaman program OVOE dan Bangsa Desa (foto: fb Bappeda Mamuju Utara)

 

MatraPemilik akun facebook  Bappeda Mamuju Utara, Jumat (18/11/2016)  kirim sebuah release  information ke dinding  pembaca   Lentera Sulawesi  sampaikan bahwa Badan  Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar)  laksanakan rapat penajaman  program dengan Dinas Keperasi, Prindustrian dan Perdagangan (Koperindag)  terkait peluncuran  program unggulan One Village One Entepreneur (OVOE) dan  Pengembangan Desa Dengan Wirausaha (Bangsa  Desa).  

Dituliskan lebih lanjut oleh Bappeda Mamuju Utara  bahwa  desa menghadapi era baru. Sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, hendak mengantarkan desa sebagai penyangga kehidupan. Desa diharapkan menjadi mandiri secara sosial, budaya, ekonomi, bahkan politik. Maka Desa memasuki era kompetisi, bukan lagi penunggu instruksi. Terlebih dengan bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang secara perlahan tetapi pasti akan mempengaruhi roda pembangunan di Desa.

“Potensi sumber daya desa selama ini belum termanfaatkan secara optimal. Salah satu solusi penting yang mampu mendorong gerak ekonomi desa adalah mengembangkan kewirausahaan bagi masyarakat desa,” tulis Bappeda Mamuju Utara.

Karena itu  Pemerintah Kabupaten  Matra Utara mengembangkan desa wirausaha diantaranya 1 desa 1 wirausaha. Pengembangan desa wirausaha menawarkan solusi untuk mengurangi kemiskinan, migrasi penduduk, dan pengembangan lapangan kerja di desa.

“Kewirausahan menjadi strategi dalam pengembangan dan pertumbuhan kesejahteraan masyarakat, dimana sumber daya dan fasilitas yang disediakan secara spontan oleh (komunitas) masyarakat desa untuk menuju perubahan kondisi sosial ekonomi perdesaa,” papar Bappeda Mamuju Utara dalam  release-nya

Diuraikan lebih jauh, bahwa apabila desa wirausaha menjadi suatu gerakan massif, maka merupakan hal yang sangat mungkin untuk mendorong perkembangan ekonomi perdesaan.

LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.