Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, August 30, 2017

Progres Kecamatan Pedongga diTangan Hasbi

Baca Juga

Hasbi dan keluarga
Hasbi dan keluarga
Pasangkayu – Kecamatan Pedongga, Kabupaten Mamuju Utara (Pasangkayu), Sulawesi Barat (Sulbar) adalah penyangga  Kecamatan Pasangkayu. Karena itu progres  pengembangan kecamatan  ini harus lebih signifikan dengan kemajuan ibu kota kabupaten.

Menyikapi hal tersebut,  Camat Pedongga, Hasbi, Rabu (30/08/2017) katakan kalau ke depan kecamatan yang dipimpinnya akan bergerak secara gradual mengikuti perkembangan ibu kota kabupaten. Untuk itu diprogramkan empat klaster sebagai sentra pengembangan pada empat desa pula yang ada di Kecamatan Pedongga. Itu meliputi, Desa Martasari sebagai  desa  sentra perkebunan dan pertanian. Desa Pedanda sebagai desa peternakan.  Desa Malei sebagai desa pertambakan dan  Desa Batu Oge sebagai desa wisata

“Dengan adanya pembagian  4 klaster ini akan lebih  mempercepat  pembangunan perekonomian di masing-masing desa. Program  ini  juga sesui  dengan  Nawa Jiwa, Bupati Mamuju Utara,” tandas Hasbi.

Dipaparkan lebih lanjut pleh Hasbi bahwa Sumber Daya Alam (SDA) Kecamatan Pedongga, masih mengandalkan kelapa sawit, tambak  dan kelapa dalam. Potensi ini akan terus digenjot  dengan program-program yang lansung  kepada masyarakat.

Untuk mendorong suksesnya program dan sistem klaster pada empat desa tersebut, Hasbi yang lahir  di Belopa 11 April 1971 lalu, harus tampil sebagai inspirator, motivator dan dinamisator di tengan-tengah masyarakat. Karena menurut  Aparat Sipil Negara (ASN)  yang memulai karier  tahun 1995  ini sebagai  guru  di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Topoyo III  ini, masyarakat akan berperan aktif dalam pembangunan jika pemimpinnya tidak sekedar duduk di belakang meja berpangku tangan.

“Sebagai pemerintah wilayah kecamatan, kami harus selalu di tengah masyarakat, bekerja secara bersama-sama dengan rakyat. Berkomunikasi secara lansung untuk mengetahui dinamika masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Oleh gaya memimpin Kecamatan Pedongga yang dinamis dan komunikatif, Hasbi  yang mulai berkarier di Mamuju Utara tahun 1996  dengan menjadi tenaga edukasi pada SDN Inpres Pedanda III ini, masyarakat sangat mengenal sosoknya yang khas, mirip-mirip bintang filem India, Sharuk Khan.

Sebelum menjadi Camat Pedongga  tuju bulan yang lalu,  Hasbi pada tahun  2013  lalu  Kepala Bidang  (Kabid)  Penanggulangan Kemiskinan pada Badan Pemerintahan masyarakat Desa (BPMD). Sebelumnya, pria berambut lurus terurai  ini  adalah Kepala Sekolah (Kepsek) pada SDN 002 Tikke,  Desa Maradde, Kecamatan Tikke Raya pada tahun 2005 silam.

Selama kurun waktu jabatannya sebagai camat, menurut Hasbi, hambatan dan rintangan relatif  tidak ada yang krusial.  Semua kegiatan dapat terlaksana  dengan baik. Bahkan Kecamatan Pedongga cukup sukses menjadi tuan rumah  penyelenggara STQ tingkat  kabupaten.

“Atas apa yang telah dicapai dan diprogramkan ke depan, Pemerintah Kecamatan Pedongga berterima kasih kepada semua komponen masyarakat, karjasama dan partisipasinya secara konsisten. Ini akan kami pertahankan dan tingkatkan di masa-masa yang akan datang.” Demikian Camat Pedongga, Hasbi.

(Wiardan/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.