Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, September 5, 2017

Humas Protokoler Matra, Sukses Tak diPuji Gagal diCaci?

Baca Juga

Suri Fitria dan staf
Suri Fitria dan staf
Pasangkayu - Tugas dan fungsi Humas dan Protokoler, bukanlah tugas biasa atau pun ringan. Kehumasan dan protokoler jangan dianggap biasa - biasa saja, karena sangat penting, guna mengatur dan memastikan kelancaran serta kerapian dalam segala macam acara kedinasan.

Ada yang menganggap, kekurangan atau  ketidakteraturan jalannya kegiatan adalah kegagalan bagi protokoler, tetapi sebaliknya, hampir tidak ada yang menyebutkan,  suksesnya sebuah acara adalah kepiawaian protokoler yang mengaturnya . Mungkin karena itu pula mereka memiliki moto  Sukses Tak Dipuji, Gagal Dicaci Maki.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju Utara (Pasangkayu), Sulawesi Barat (Sulbar),  Suri Fitria ditemui di ruang kerjanya, Senin (04/09/2017), katakan,  sebenarnya fungsi protokoler itu ada dua, yakni Publik Relations (PR) dan Event Organizer (EO).

“Jadi kami harus mampu memenej/mengatur serta memberikan informasi seluas - luasnya  terkait  acara  kedinasan yang dilakukan, mulai dari Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Sekeretaris Daerah, " ungkapnya.

Lanjut  Fitria, untuk mensukseskan kegiatan - kegiatan besar seperti zikir akbar, STQ, HUT  Matra dan lain - lain, pihaknya  juga perlu dukungan dan kerjasama dari tiap  Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Meskipun  pada akhir seluruh rangakaian kegiatan berhasil dan sukses  dilaksanakan, bukan Humas yang dipuji.  Tetapi  sebaliknya, jika ketika kegiatan tersebut tidak sesuai yang diharapkan,  maka Humas yang ditegur.

"Adapun  kendala yang kami hadapi,  ketika dihadapkan pada rapat - rapat dadakan. Seketika itu kami harus bergerak cepat untuk memberikan informasi kepada tiap - tiap OPD terkait rapat tersebut.  Dalam situasi seperti itu,  kami tidak mungkin menyurati mereka dengan cepat, sehingga alternatif lain kami menggunakan medsos  seperti  Watsshap (WA) dan lainnya,"  ungkapnya.

Menurut Fitria pula,  kendala lain yang biasa dihadapi, ketika pihaknya harus berpacu untuk mengatur acara kedinasan di luar kota Pasangkayu, sementara kondisi kendaraan  operasional yang digunakan  kurang memadai. Namun begitu, ia seluruh staf tetap semangat untuk bekerja sebagaimana mestinya.

(kontribusi R’Win/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.