Cari di Blog Ini

Followers

Friday, September 8, 2017

Wakil Bupati Sigi ke India Ikuti Kegiatan Internasional, Reformasi Fiskal dan Konservasi Hutan

Baca Juga

PAULINA, Wakil Bupati Sigi
PAULINA, Wakil Bupati Sigi
Sigi - Kabupaten Sigi terpilih menjadi salah satu kabupaten yang mewakili Indonesia dalam Pertukaran Pakar Tingkat Tinggi untuk Mekanisme Fiskal dan Konservasi Hutan di Kota New Delhi, India, Kamis (7/9/2017).

Kegiatan  ini  dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Paulina itu dilaksanakan oleh pemerintah pusat bersama Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia atas kerjasama dengab Forest and Climate Chance Programe dan Deutche Gesellschaft fur Internale Zusammenarbeit  (Indonesia-Jerman).

Wabup Paulina  katakan, kegiatan selama lima hari itu bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar dari pengalaman di India tentang reformasi fiskal, khususnya tentang proses berkenaan dengan perubahan formula dana perimbangan di India yang menggunakan indikator tutupan hutan serta pembelajaran yang dapat di ambil dari pengalaman India untuk konteks indonesia.

"Melalui pertukaran tersebut diharapkan dapat terciptanya pemahaman tentang keadaan dan tata administratif beserta proses politik dalam perumusan kebijakan publik di balik pengembangan mekanisme dana alokasi fiskal yang baru di tingkat nasional," jelasnya.

Menurut  Paulina pula, Kabupaten Sigi terpilih mewakili Indonesia karena Sigi memiliki kawasan hutan yang relatif luas, namun belum mencukupi pengalokasian anggarannya, dalam hal ini Dana Alokasi Umum (DAU).
"Dengan kegiatan ini, kami berharap Sigi memperoleh peluang untuk mendapatkan kucuran dana yang lebih besar dari pemerintah pusat seperti yang sudah diterapkan di India," harapnya.

Peserta  yang mewakili Indonesia ke India antara lain unsur DPR RI, Kantor Staf Presiden, Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Universitas Indonesia dan Pemerintah Daerah masing-masing Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Wakil Bupati Sigi Sulteng serta Bupati Badung Bali.

(Ardi/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.