Cari di Blog Ini

Followers

Friday, September 8, 2017

Kades Maklon, Terapkan Kebersamaan Untuk Bangun Ngovi

Baca Juga

Kades Maklon
Kades Maklon
Donggala - Ngovi  adalah  salah satu Desa yang berada dalam lingkup Kecamatan Rio Pakava, Kabuten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang juga  berbatasan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Manuju Utara (Pasangkayu), Sulawesi  Barat (Sulbar). Desa ini  sebagian besar di huni oleh suku Kaili Da'a/Inde'  dengan tokoh adat yang dikenal panggikan Om Panggo dan seorang Kepala Desa (Kades) yang akrab dipanggil  Maklon.

Kades  Maklon memiliki  beragam program  dan bercita-cita membangun desanya agar dapat bersaing dengan Desa lainnya yang ada di Kabupaten Donggala. "Saya yakin, bila terbangun kebersamaan antara Kades dan masyarakat, maka pembangunan,  sesuai kita harapkan akan terwujud", ujarnya  saat  diwawancarai  oleh awak media, Jumat  (08/09-2017).

Untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginannya, maka dalam diri Kades  serta masyarakat perlu  ditanamkan kebersamaan dengan menjalin silaturahmi  secara vertikal, Kades dan masyarakat dan secara  horizontal antara masyarakat dengan masyarakat lainnya.

"Maju bersama masyarakat demi mewujudkan suksesnya pembangunan, itulah yang menjadi keinginan saya saat ini. Karena tanpa dukungan masyarakat, apapun program yang kita jalankan, akan sangat sulit terealisasi,"  ungkapnya.

Diakhir  wawancara, Maklon  katakan dan berharap agar  masyarakat dapat sejalan dengan dirinya dan membantunya baik dalam pembangunan terlebih pengawasan, dimana saat ini desanya telah membangun Balai pertemuan Suku Adat dan Pemerintah.

(kontribusi Edison S/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.