Cari di Blog Ini

Followers

Friday, February 21, 2020

BPN/ATR Mamasa Telah Terbitkan 10.700 Sertifikat PTSL

Baca Juga

Nirwana, SE, Kaur Tata Usaha Kantor BPN Kabupaten Mamasa
Nirwana, SE, Kaur Tata Usaha Kantor BPN Kabupaten Mamasa

MAMASA, LENTERASULAWESI -  Kaur Tata Usaha (TU)  BPN/ATR Kabupaten  Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Nirwana, SE mewakili kepala kantor BPN/ATR paparkan pada wartawan SKU Sorot News, bahwa BPN/ATR  telan terbitkan 10.700 bidang sertifikat  Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL).

Nirwana yang ditemui di ruang  kerjanya, pertengahan Pebruari  ini  uaikan bahwa tahun 2019 telah tuntaskan penerbitan 6200 bidang sertifikat dan telah diserahkan pada pemiliknya.  Sedangkan tahun 2020,  BPN/ATR Mamasa kembali menerbitkan 4500 bidang  sertifikat,  fisiknya sudah tuntas tercetak. Pemberkasan fisiknya sudah tercetak semuanya tinggal perbaikan.

“Dalam proses ini,  kepala desa bersama aparatnya selaku pendamping desa aktif membantu BPN di lapangan selaku juru bahasa,  karena  kami di BPN umumnya tidak tahu pakai bahasa Mamasa.  Sertifikar yang sudah tercetak diserahkan pada pemiliknya setelah ada perintah dari kepala Badan Pertanahan Nasional,” kata Nirwana.

Menjawab pertanyaan wartawan terkait  tingkat kesadaran masyarakat untuk mengurus sertifikat PTSL,  Nirwana katakana, masyarakat  sangat antusias, apalagi gratis.  Tapi harus penuhi persyaratan salah satu syaratnya harus perlihatkan PBB akta jual beli surat keterangan dari kepala Desa (sporadik). Untuk  penuhi persyaratannya terkadang mereka terkendala karena harus dibuktikan hitam diatas putih selaku alas hak pemilik tanah

“Kalau mereka tidak mampu penuhi persyaratannya,  maka pihak BPN tidak akan proses berkasnya,  karena BPN harus hati-hati untuk menjaga kemungkinan,  jangan sampai terjadi masalah yang kita tidak inginkan dikemudian hari.  Apalagi dimamasa banyak tanah adat,” tandas Nirwana
(Andi Udhin/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.