Cari di Blog Ini

Followers

Sunday, March 6, 2016

Bidang Pengairan Dinas PU dan Perumahan Rakyat Optimalkan Irigasi Dukung Kedaulatan Pangan di Mamasa

Baca Juga

Joni                   (foto: Andi Udin)
Mamasa – Meskipun menuai interupsi kecil atas piagam swasembada pangan yang diraih Kabupaten Mamasa. Namun kabupaten di quarles Pulau Sulawesi ini, telah banyak berubah dari puluhan tahun yang silam. Dimana Mamasa dulu adalah daerah terbelakang dan tertinggal, penduduknya hidup cukup sulit di bidang pangan.

Kini Mamasa, menurut Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat, Joni, Rabu (02/03/2016), perubahan mendasar di bidang primer (sandang, papan dan pangan, red) memang cukup signifikan hingga mampu mandiri. Menurutnya rakyat Mamasa mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang paling mendasar.

“Saya kira setelah memasuki usia 14 tahun di Mamasa ini sudah banyak perubahan. Pembangunan jalan dengan baik untuk memenuhi hak-hak hidup rakyat. Kalaupun terjadi ketidakpuasan atas apa yang telah diperbuat oleh pemerintah, itu lumrah saja. Tetapi yang pastinya, sebagai aparat pemerintah, kami tetap bekerja sebagaimana mestinya demi rakyat,” papar Joni.

Untuk bidang pengairan menurut Joni, pemerintah daerah telah bekerja secara all out mengotimalkan sejumlah irigasi. Ini menjadi penting dan sejalan dengan program pemerintah pusat dalam rangka mendukung kedaulatan pangan. Karena pengairan menurutnya menjadi sangat vital bagi pengembangan dan peningkatan produksi pertanian, khususnya padi.

“Pengembangan dan optimalisasi irigasi itu, bagian dari intensifikasi pertanian. Kemudian pada muaranya nanti akan meningkatkan produksi petani,” tambahnya.

Karena itu menurut Joni pula, masyarakat dan semua pihak terkait, sejatinya memberi apresiasi dan dukungan seluas-luasnya bagi kerja bidang pengairan. Juga kepada rekanan mitra pemerintah secara konsisten harus bekerja dengan baik sesuai mekanisme dan aturan yang ada. Sehingga hasil pekerjaan tersebut, khususnya untuk irigasi, bisa memberi manfaat kepada masyarakat.

LS  

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.