Cari di Blog Ini

Followers

Saturday, July 30, 2016

Cantik Dengan Kletus Secangkok Kersen?

Baca Juga

Buah Kersen  (foto: manfaatinbuah.com)
Buah Kersen  (foto: manfaatinbuah.com)
 He . . it, ibu-ibu jangan marah jika anak-anak memanjat pohon kersen dan mengklutus-kelutus  buah manis itu di mulutnya. Karena biji-biji merah kuning  itu memang pantas dan halal untuk dimakan. Bahkan jika ingin kebugaran dan kecantikan  ibu, kletus  jugalah  makanan burung parkit  itu barang  secangkok (bahasa bugis  untuk  takaran setengah liter) setiap bulan atau kira-kira 15 biji per-hari.

Lalu, apa hubungannya buah kersen dengan kebugaran dan kecantikan, simak  info  yang  disarikutifkan dari  .daribuahdaun.tk. Bahwa buah kersen termasuk buah yang mudah ditemui dimana saja, karena biasanya tumbuh liar, termasuk di halaman rumah kita. Kersen memiliki nama latin Muntingia calabura . Sebutannya berbeda setiap daerah, misalnya, Talok, Keres, Kersem, dan Bugis Makassar  menyebutnya  Karseng. Lebih kreen ada yang  menyebutnya sebagai  buah Chery Jawa.

Kandungan gizi dalam buah Kersen

Tidak hanya memiliki rasa manis yang nikmat, ternyata buah kersen juga mengandung nutrisi penting, diantaranya : Air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, fosfor, kalsium, besi, betakaroten, Vitamin A, Vitamin C, tianin, niacin, dan ribofalin

Tidak hanya buahnya, daun buah kersen juga berkhasiat sebagai anti tumor, karena kaya senyawa tanin, saponin dan flavonioda. Selain itu juga berkhasiat sebagai antiseptik dan antiinflamasi/antiradang

Meskipun buah kersen sudah banyak dikenal, sayangnya banyak orang yang belum menyadari banyaknya khasiat yang terkandung didalamnya. Ingin tahu manfaat buah kersen untuk kesehatan dan kecantikan, intips aja yuk..

Menangkal Radikal bebas
Buah kersen kaya antioksidan yang berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya, misalnya : kanker.

Mengatasi asam urat
Asam urat sangat berbahaya bagi kesehatan. Nah, buah kersen bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat penyakit asam urat. Caranya dnegan merebus daun kersen dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Menyehatkan jantung
Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam buah kersen dapat melindungi organ jantung.

Anti-kanker
Memiliki sifat anti kanker membuat daun buah kersen ini ampuh mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker.

Antiseptik pembunuh bakteri dalam tubuh
Rutin mengonsumsi buah atau air rebusan daun kersen sangat berkhasiat bagi tubuh, karena membantu membunuh microba yang berbahaya bagi tubuh.

Menyembuhkan diabetes
Kandungan serat alami dan nutrisi lainnya dalam buah kersen dipercaya ampuh mencegah dan meringankan penyakit diabetes.

Mengatasi hipertensi
Kandungan kalium dalam buah kersen dipercaya bagus untuk menormalkan tekanan darah sehingga penyakit hipertensi dapat dihindari.

Menjaga kesehatan mata
Kandungan Vitamin A dan betakaroten dalam buah kersen ampuh menjaga kesehatan mata dan melindungi penglihatan.

Mencegah penuaan dini
Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam buah kersen ampuh mencegah tanda-tanda penuaan dini, sehingga kulit wajah akan lebih kencang dan bersih bersinar.

Mengatasi masalah Jerawat
Kandunagn vitamin C dan antioksidan dalam buah kersen juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup memencet buah kersen dan mengoleskannya secara merata pada wajah. Diamkan selama semalam,  bilas pada pagi harinya.

Itulah dibalik  keindahan warna buah dan kenikmatan rasanya, pohon pelindung  kersen juga mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.  Kenapa  tidak mencobanya!


Berbagai referensi/LS

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.