Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, January 4, 2017

Dancing Leadership Ala H. Agus Ambo Djiwa di Matra

Baca Juga

Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP
Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP
Meminjam istilam Majalah Ledaership Park, ada gaya memimpin yang disebut The dancing leadership. Dancing leadership, memang bukanlah sala satu teori kepemimpinan, juga bukan sebuah model kepemimpinan yang baru. Tetapi The Dancing Leadership lebih melihat pada pola tindakan - action theory  - yang menfasilitasi setiap pelaku untuk menyadari dan menciptakan model kepemimpinan yang unik. Dimetaforakan pada tarian.

The dancing leadership adalah ekspresi diri setiap pemimpin dalam memberi irama kepemimpinannya. Ibaratnya tarian lebih bersifat otentik dan menjadi seorang penari adalah pribadi yang dinamis, begitu juga seorang pemimpin.

Kalau seorang penari bertindak dalam langkah-langkah yang berulang maupun lirikan mata yang mengundang penafsiran. Gerakan yang selaras dengan suatu irama dengan gerakan penari lain. Juga penari bergerak mengikuti suatu pakem secara bebas, fleksible namun tetap dalam koridor yang yang ada. Apapun tariannya pastilah atraktif, menarik hati. Penari sejati tidak pernah memaksakan kehendaknya kepada orang lain untuk menarik perhatian, apalagi memaksa orang lain mengikuti gerakannya. Setiap tarian menenangkan jiwa dengan mengekspresikan kegebiranaan. Entah dengan menghayati sebuah penderitaan. Entah dengan menampilkan kemarahan.

Begitulah Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP, Bupati Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat (Sulbar), pada gaya metaforisnya menampilkan gerakan-gerakan indah seorang pemimpin. Melakukan kepemimpinan dengan sepenuh hati. Ia adalah seorang mempunyai gaya kepemimpinannya yang khas, memainkan tariannya sendiri. Kepemimpinannya ditandai dengan adanya tindakan yang ritmis. Ia tidak berdiam diri semata. Ketika menemui tantangan ia menghadapinya dengan cara fleksible tetapi tetap dalam koridor. Bupati, H. Agus Ambo Djiwa  sosok yang  tahu kapan harus atraktif, menarik hati orang-orang di sekitarnya. Sekaligus bisa menggembirakan, menenangkan dalam kedaan tertekan, maupun marah dalam situasi yang tepat

Tampil memukau  saat  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pilkada Matra  tahun 2010 silam membuat sosok H. Agus Ambo Djiwa mampu  melarutkan  harapan masyarakat untuk sosok bupati dengan “napas” baru, tenang, halus dan damai. Itulah yang mengantarkan pria kelahiran 17 Agustus 1966 ini menduduki posisi puncak di kabupaten paling Utara Sulawesi Barat.  Pada awal  kepemimpinannya pasangan H. Agus Ambo-Djiwa-H. Muhammad  Saal  mampu memberikan “warna” bagi kemajuan Matra. Sejumlah proyek-proyek infrastruktur serta penataan Kota Pasangkayu – Ibukota Mamuju Utara – dibenahi dengan cepat. Roda kehidupan masyarakat Mamuju Utara juga mulai menggeliat dengan pesat. Itu Kemudian mengantarkan pasangan pada priode kedua (2016 – 2021).

H Agus Ambo Djiwa adalah sosok yang  tenang  pemimpin yang memiliki karakter dan paham akan situasi yang berkembang. Ia adalah Alumni S2. UNHAS Makassar  tahun 2006. Penampilannya yang sabar dan normatif  telah membuat  berbagai terobosan untuk membangun infastruktur di Matra, khususnya penataan Kota Pasangkayu.

H. Agus Ambo Djiwa, alumni  Lemhanas Tahun 2008, telah mencoba satu trend program yang disebut  Matra Smart.  Ia menegaskan pentingnya kebersamaan dengan semua elemen dan komponen dalam masyarakat Matra  untuk membangun daerah sesuai bidang, profesi dan kemampuan masing-masing.
(Disarikutifkan dari kompasiana.com/1967/Litbang LS)


No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.