Cari di Blog Ini

Followers

Tuesday, June 13, 2017

Dengan Transparan, Kades Munawir Beber Penggunaan APBDes Kasano

Baca Juga

APBDes Kasano
Pasangkayu - Semangat  keterbukaan,  Kepala Desa (Kades) Kasano, Kecamatan Baras Mamuju Utara (Pasangkayu), Sulawesi Barat (Sulbar), Munawir patut diacungi jempol. Agar diketahui publik, ia memasang baliho besar Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2017.

Tak cukup sampai disitu, Senin (12/06/ 2017), Kades Munawir  kembali melakukan pertemuan bersama para aparatur dan masyarakatnya untuk menjelaskan apa yang terpampang di baliho tersebut. Ya, mungkin ini yang pertama kali dilakukan kades di kabupaten ujung utara Sulawesi Barat ini.

Dijelaskan oleh  Munawir, total  APBDes  yang dimiliki desa ini mencapai sekitar Rp 1.156. 138.306,- berasal dari Dana Desa (DD) senilai Rp. 835.984.000,-. Alokasi Dana Desa (ADD), Rp. 305.008.000,-. Bagi Hasil Pajak (BJP) Rp.12.657.000,- dan Silpa tahun 2016 Rp.2.489.306,-.

Ditemui usai pertemuan, Kades Munawir mengaku, publikasi anggaran sengaja dilakukan sebagai bentuk semangat  transparansi, selain itu juga untuk menguatkan partisipasi masyarakat, karena mereka akan merasa memiliki anggaran tersebut. 

"Ini kami lakukan agar masyarakat tau. Dengan begitu, rasa memiliki anggaran tersebut akan tumbuh sehingga semangat mereka bisa terdorong untuk bersama-sama membangun desa ini," tambahnya.

“Jumlah uang yang dikucurkan di desa kita oleh pemerintah pusat cukup besar nilainya. Dan transparansi anggaran itu wajib hukumnya agar pengelolaannya bisa dipertangungjawabkan di depan masyarakat,” tambahnya.

(Ardi/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.